Mudik Lebaran 2023, BNPB Pastikan Siaga Potensi Bencana Hidrometeorologi

Rabu, 12 April 2023 - 22:10 WIB
loading...
Mudik Lebaran 2023, BNPB Pastikan Siaga Potensi Bencana Hidrometeorologi
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memastikan siaga menghadapi potensi bahaya bencana hidrometeorologi basah. Foto/Dok/BNPB
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) Letjen TNI Suharyanto memastikan siaga menghadapi potensi bahaya bencana hidrometeorologi basah. Bencana tersebut seperti banjir, tanah longsor dan cuaca ekstrem saat Idulfitri 1444 H atau Lebaran 2023.

Suharyanto pun mengatakan, pihaknya juga mengantisipasi bahaya hidrometeorologi kering, seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla), menyiagakan personel dan peralatan, termasuk helikopter.



Suharyanto mengungkapkan telah menyiapkan total 46 helikopter untuk penanganan karhutla pada enam, provinsi prioritas, yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

"Teknologi modifikasi cuaca (TMC) pun disiapkan untuk upaya pencegahan karhutla," kata Suharyanto dalam keterangan resminya, Rabu (12/4/2023).



Sementara itu, Suharyanto mengatakan, untuk menghadapi fenomena mudik jelang lebaran, BNPB juga bekerja sama dengan kementerian atau lembaga terkait, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, dan Polri untuk pemantauan lapangan pada titik-titik yang akan menjadi penumpukan pemudik.

"Kemudian bekerja sama dengan BPBD, kementerian, lembaga, Pemda, untuk memantau penyelengaraan mudik pada titik-titik yang akan menjadi penumpukan pemudik," ucap Suharyanto

"BNPB berharap, dengan langkah-langkah tersebut, para pemudik bisa bertemu dengan keluarga di kampung halaman dengan aman dan nyaman," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)