Mutasi Polri Terbaru, Giliran 9 Jenderal Tinggalkan Korps Bhayangkara

Rabu, 12 April 2023 - 14:20 WIB
loading...
Mutasi Polri Terbaru, Giliran 9 Jenderal Tinggalkan Korps Bhayangkara
Sembilan perwira tinggi senior Polri memasuki masa purnatugas. Mereka masuk dalam daftar mutase besar-besaran terbaru yang dilakukan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sembilan perwira tinggi senior Polri memasuki masa purnatugas. Mereka masuk dalam daftar mutasi besar-besaran terbaru yang dilakukan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri menerbitkan empat surat Telegram, masing-masing nomor ST/712/III/KEP./2023; ST/713/III/KEP./2023; ST/714/III/KEP./2023; dan ST/715/III/KEP./2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Telegram tertanggal 27 Maret 2023 tersebut diteken Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.



Secara keseluruhan terdapat 473 perwira polisi yang dimutasi kali ini. Mereka terdiri atas perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen). Di level pati, pangkat tertinggi yang turut dimutasi yakni bintang tiga alias komisaris jenderal. Adapun di tingkat pamen, terdapat ratusan komisaris besar (kombes) dan ajun komisaris besar polisi (AKBP).

Jenderal bintang tiga yang dimutasi antara lain Komjen Pol Arief Sulistyanto. Lulusan Akademi Kepolisian 1987 ini meninggalkan jabatannya sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. Polisi yang pernah menjadi anggota tim penyidik kasus kematian aktivis HAM Munir itu selanjutnya dimutasi sebagai Pati Baharkam Polri, dalam rangka pensiun.

Selain itu terdapat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme atau BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar. Cicit sastrawan Minang, Aman Datuk Madjoindo ini juga akan mengakhiri pengabdian di Korps Bhyangkara.

“Komjen Boy Rafli Amar dimutasikan sebagai Pati Densus 88 Antiteror Polri (dalam rangka pensiun),” bunyi salinan Telegram Nomor ST/712, dikutip Rabu (12/4/2023).

Selain perwira tinggi, mutasi kali ini juga membuat sejumlah perwira menengah berpangkat komisaris besar juga memasuki masa purnatugas. Mereka antara lain Kombes Pol Zuhdi Bahruddin Arrasuli yang seblumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Binmas Baharkam Polri.

Kemudian, Kombes Pol Djihartono. Kabagopsnalkom Rotekom Div TIK Polri dimutasi sebagai Pamen Div TIK Polri, juga dalam rangka pensiun. Begitu pula Kombes Pol Linggo Wijanarko yang harus meninggalkan jabatannya sekarang yaitu Kasubidbinkamsa Ditbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri.

Berikut daftar lengkap 9 jenderal Polri pensiun:

1. Komjen Pol Boy Rafli Amar, Kepala BNPT, dimutasikan sebagai Pati Densus 88 Antiteror Polri (dalam rangka pensiun).

2. Komjen Pol Arief Sulistyanto, Kabaharkam Polri, dimutasikan sebagai Pati Baharkam Polri (dalam rangka pensiun).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)