Teroris Uzbekistan Kabur Serang Petugas karena Tak Ingin Dideportasi

Selasa, 11 April 2023 - 18:55 WIB
loading...
Teroris Uzbekistan Kabur Serang Petugas karena Tak Ingin Dideportasi
Densus 88 Antiteror Polri mengungkapkan tiga terorisme warga negara Uzbekistan kabur dari ruang tahanan Kantor Imigrasi Klas I Jakarta Utara lantaran tidak ingin dideportasi ke negara asalnya. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengungkapkan tiga terorisme warga negara Uzbekistan kabur dari ruang tahanan Kantor Imigrasi Klas I Jakarta Utara lantaran tidak ingin dideportasi ke negara asalnya.

"Mereka tidak ingin dideportasi negara asalnya karena akan menghadapi ancaman hukuman yang lebih berat di negaranya," ujar Jubir Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar kepada awak media, Selasa (11/4/2023).





Menurut Aswin, peristiwa melarikan diri dengan menyerang petugas Imigrasi dan Densus 88 itu terjadi usai adanya perwakilan dari Kedubes Uzbekistan yang mengunjungi pelaku terorisme tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan awal, kita melakukan interogasi cepat terhadap mereka. Jadi diketahui atau ditemukan fakta bahwa rencana mereka melarikan diri mulai muncul setelah mereka dikunjungi petugas konsulat Kedubes Uzbekistan di Jakarta," jelas Aswin.

Sebelumnya, tiga dari empat Warga Negara Asing (WNA) Uzbekistan yang ditangkap terkait jaringan terorisme internasional kabur dari ruangan tahanan Kantor Imigrasi Klas I Jakarta Utara.

Aswin mengungkapkan bahwa dalam upaya pelariannya tersebut ketiga warga Uzbekistan itu juga melakukan penyerangan terhadap petugas Imigrasi dan Densus 88 Antiteror Polri.

Akibat peristiwa itu, satu petugas Imigrasi Klas I Jakarta Utara atas nama Adi Widodo tewas. Tak hanya itu, akibat serangan untuk melarikan diri itu, petugas Imigrasi lainnya atas nama Dicky Visto Damas mengalami luka berat dan Supriatna menderita luka ringan.

Selain itu, anggota Densus 88 Antiteror Polri juga menjadi korban. Adalah, Bripda Dendry dan Bripda Bahrain mengalami luka berat akibat serangan tersebut.



Sementara itu, ketiga WN Uzbekistan itu sudah berhasil ditangkap. Salah satunya meninggal dunia lantaran tenggelam di Kali Sunter.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)