Kapolri Instruksikan Jajarannya Kawal dan Jaga Jalur Mudik

Senin, 10 April 2023 - 18:55 WIB
loading...
Kapolri Instruksikan Jajarannya Kawal dan Jaga Jalur Mudik
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya memberi pengawalan dan penjagaan di sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatera dan Jawa siang dan malam hari. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya memberi pengawalan dan penjagaan di sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatera dan Jawa siang dan malam hari. Tujuannya, demi mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat.

"Seluruh personel Polri telah diinstruksikan untuk melakukan pengawalan dan penjagaan di sepanjang jalur perjalanan baik di Pulau Sumatera maupun Jawa, pada siang ataupun malam hari, demi mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat," ujar Sigit dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Sigit memastikan, pihaknya akan melakukan pengqwalan bila ada kerawanan di sepanjang jalan mudik. Menurutnya, setiap waktu memiliki risiko gangguan.



"Maka kami dari Polri akan mempersiapkan pengawalan baik yang memilih siang atau malam. Sehingga di jalan tidak ada gangguan kejahatan khususnya di jalur setelah turun dari Bakauheni dan mengarah ke tujuan masing-masing," tuturnya.

Sigit mengatakan, personel kepolisian juga akan melakukan pengecekan hingga pengamanan di seluruh jalur yang mengarah ke Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan lainnya. Tujuannya, agar tidak terjadi gangguan keamanan yang bisa menghambat perjalanan mudik.

"Saya minta seluruh jajaran melaksanakan pengecekan terkait masalah kerawanan apa yang menjadi keluhan masyarakat. Demikian juga kita harapkan juga masyarakat memberikan informasi. Sehingga, terkait kerawanan apakah dari sisi ancaman pidana ataukah sisi jalur yang bisa diinformasikan ke kementerian terkait semuanya bisa terkendala," katanya.

Sigit meminta seluruh jajaran Polri untuk mengawal dan mengamankan mulai saat akan masuk ke Ciwandan sampai dengan nanti setelah turun apakah memilih Panjang atau Bakauheni.

Dalam memberi keamanan bagi pemudik, Sigit bersama dengan lembaga lintas sektoral meninjau Pelabuhan Merak, guna memastikan kesiapan arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 2023.

Sigit menjelaskan, tinjauan ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan kementerian/lembaga hingga Polri untuk bergerak sejak dini demi mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)