Kemenag Bentuk Struktur Baru Khusus Penanganan Jemaah Haji Lansia

Senin, 10 April 2023 - 14:18 WIB
loading...
A A A
Selain itu, pihaknya juga membangun komunikasi dengan jemaah dan mengedukasi para lansia dengan manasik-manasik yang mengedepankan kemudahan, keringanan bahwa jemaah lansia tidak harus memaksakan diri. “Ternyata banyak alternatif-alternatif ibadah haji yang penuh dengan kemudahan-kemudahan,” ucapnya.

Direktur Bina Haji PHU Kemenag Arsad Hidayat mengatakan, ada struktur organisasi baru dalam PPIH untuk penanganan lansia dan disabilitas. "Di 2023 ini dalam struktur PPIH Arab Saudi kita bentuk struktur organisasi khusus untuk penanganan lansia dan disabilitas. Mulai dari pengendali, kasie, dan pelaksana," ujarnya di Asrama Haji Pondok Gede, Minggu, 9 April 2023 malam.

Selain membentuk struktur organisasi baru, kata Arsad, untuk membantu dan memudahkan jemaah lansia dalam menjalankan ibadah haji kemenag juga akan menempatkan 10 petugas pelaksana pelayanan jemaah lansia dan disabilitas di setiap sektor.

Menurut Arsad, tahun ini merupakan kali pertama Indonesia kembali memberangkatkan jemaah dalam kuota normal pascapandemi Covid-19. Total ada 221.000 jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah. Terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus.

"Dari 203.320 jemaah haji reguler sebanyak 67.000 atau sepertiga di antaranya merupakan jemaah haji lansia. Mereka secara bertahap akan diberangkatkan ke Arab Saudi mulai 24 Mei 2023," katanya.

Sebelumnya, Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief mengatakan, banyaknya jumlah jemaah haji lansia yang berangkat haji pada tahun ini, karena keberangkatan mereka yang tertunda akibat pandemi Covid-19. Selama tiga tahun Indonesia tidak memberangkatkan jemaah secara sempurna dari jumlah kuota normal.

"Kami harus menyiapkan petugas haji secara lebih matang dari segi wawasan mereka, keterampilannya tenaganya, dedikasinya karena memang tantangan tahun ini cukup besar. Ada konfigurasi jemaahnya di mana jumlah lansia cukup banyak hampir 20-30%," ujarnya seusai membuka Bimtek PPIH 2023, di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Jumat, 7 April 2023, malam.

Untuk melayani jemaah lansia, diperlukan keterampilan dan wawasan khusus. Untuk itu, pelaksanaan Bimtek Petugas Haji selama sepuluh hari ke depan merupakan momentum untuk menumbuhkan kesadaran petugas pelayanan haji. Hilman menyebut, pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, ada jemaah haji yang usianya mencapai 105 tahun. "Tertua ada 105 tahun. Ada beberapa," kata Hilman
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)