Demokrat soal Koalisi Besar: Lebih Bermartabat Ketimbang Jegal Anies Baswedan

Senin, 10 April 2023 - 07:42 WIB
loading...
Demokrat soal Koalisi Besar: Lebih Bermartabat Ketimbang Jegal Anies Baswedan
Partai Demokrat menilai pembentukan koalisi besar menghaapi Pemiu 2024 lebih bermartabat daripada upaya menjegal pencalonan Anies Basswedan. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat menyebut koalisi besar yang diinisiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan gagasan yang baik. Koalisi besar dinilai membuat Pilpres 2024 menjadi lebih kompetitif, bermartabat, dan berintegritas.

"Banyak pihak yang menduga bangunan Koalisi Besar ini ditujukan untuk menghadang Anies dan Koalisi Perubahan. Demokrat sendiri melihatnya sebagai upaya ksatria dan konstruktif," tutur Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangan yang dikutip Senin (10/4/2023).

Seperti diketahui, koalisi besar terdiri atas parpol pendukung pemerintahan Jokowi, kecuali PDIP. Wacana membentuk koalisi besar tersebut telah diawali dengan pertemuan di Kantor DPP PAN pada Minggu 2 April 2023. Pertemuan dihadiri Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketum PPP Mardiono.



Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum PDIP yang notabene partai penyokong terbesar Jokowi, memilih absen. PDIP juga tidak mengirimkan utusan.

Herzaky megatakan, setiap partai politik memiliki hak untuk mengusung capres dan cawapres, baik secara individu maupun berkoalisi. Atas dasar itu, Herzaky mengajak kepada koalisi besar untuk bersaing secara sehat guna mengusung capres-cawapres dalam pilpres nantinya.

"Jika memang dirasa Anies Baswedan dan trio Demokrat-Nasdem-PKS dalam Koalisi Perubahan merupakan lawan berat untuk Pilpres 2024, mari kita ajukan calon jagoan kita masing-masing. Lalu, berkompetisi secara jujur dan adil. Biarkan rakyat yang menilai," tutur Herzaky.



"Makin banyak calon berkompetisi, makin baik. Jika dirasa koalisi 2 atau 3 parpol tak cukup untuk bersaing dengan Koalisi Perubahan ataupun Anies Baswedan, silahkan membentuk koalisi 4 atau 5 partai," tambahnya.

Herzaky menegaskan bahwa Partai Demokrat sangat mengapresiasi upaya rencana pembentukan koalisi tersebut. Apalagi, rencana pembentukan koalisi itu dilandasi dengan semangat berkompetisi secara sehat.

"Jauh lebih bermartabat dibandingkan berupaya menjegal Anies Baswedan atau Koalisi Perubahan untuk bisa mendaftarkan Anies Baswedan sebagai capres beserta cawapresnya di Pilpres 2024, dengan segala macam cara," tuturnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)