Din Syamsuddin Kecam Tindakan Biadab Tentara Israel di Masjid Al-Aqsa

Kamis, 06 April 2023 - 13:06 WIB
loading...
Din Syamsuddin Kecam Tindakan Biadab Tentara Israel di Masjid Al-Aqsa
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, M Din Syamsuddin mengecam tindakan biadab tentara Israel ke Masjid Al-Aqsa. Peristiwa ini terjadi pada 5 April 2023. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, M Din Syamsuddin mengecam tindakan biadab serangan tentara Israel ke Masjid Al-Aqsa. Peristiwa ini terjadi pada 5 April 2023.

"Serangan tentara Israel ke Masjidil Aqsa biadab, Indonesia harus protes," ujar Din Syamsuddin , Kamis (6/4/2023).

Serangan Tentara Israel ke dalam Masjidil Aqsa, Yerusalem, sebagaimana diberitakan media internasional sungguh biadab dan merupakan pelanggaran Hak-Hak Asasi Manusia berat.



Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina (PPIP) menilai seyogyanya Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenakan sanksi tegas dan berat atas Israel.

"Serangan brutal tersebut mencederai banyak jemaah yang berada di dalam dan luar masjid, termasuk seorang remaja putri yang berumur 12 tahun yang diseret secara bengis. Sungguh tindakan tentara Israel tersebut di luar perikemanusiaan dan tidak dapat dibenarkan," ungkap Din Syamsuddin.



Mantan Ketua Umum MUI Pusat itu menilai, urgensi Negara-Negara Anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI) memprotes keras tindakan biadab Israel.

"Bila perlu mengadakan Sidang Darurat untuk mengambil langkah nyata terhadap tindakan Tentara Israel terhadap tempat suci dan kiblat pertama umat Islam sedunia itu, apalagi tindakan itu dilakukan pada bulan suci Ramadan," tegasnya.

Amanat Konstitusi UUD 1945


Sesuai Amanat Konstitusi UUD 1945 Din Syamsuddin menilai, Pemerintah Indonesia perlu memprakarsai langkah diplomatik dan nondiplomatik melalui OKI dan PBB agar Israel jera dan tidak mengulangi kebiadabannya lagi.

"Serangan tentara Israel terhadap jemaah yang menunaikan ibadah di Masjidil Aqsa, dan terhadap Final Liga Sepak Bola Palestina merupakan pelanggaran terhadap HAM dan ketentuan-ketentuan internasional yang tidak dapat ditoleransi sama sekali," tegas Din Syamsuddin.

Din Syamsuddin juga meminta masyarakat Indonesia tidak perlu berpolemik terkait batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia karena penolakan berbagai elemen masyarakat terhadap kehadiran Timnas U-20 Israel.

"Kepada Bangsa Indonesia yang cinta damai dan keadilan agar tidak bersimpati kepada Israel yang melakukan penjajahan di muka bumi," tutup Din Syamsuddin.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)