Haedar Nashir Tegaskan Islam Berkemajuan sebagai Identitas Muhammadiyah

Sabtu, 01 April 2023 - 00:33 WIB
loading...
Haedar Nashir Tegaskan Islam Berkemajuan sebagai Identitas Muhammadiyah
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menegaskan, Islam berkemajuan telah menjadi identitas Muhammadiyah. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menegaskan, Islam berkemajuan telah menjadi identitas Muhammadiyah. Hal ini disampaikannya dalam Pengkajian Ramadan di Aula FKIP Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka), Jakarta Timur, Jumat 31 Maret 2023.

"Islam Berkemajuan sudah menjadi identitas kita (Muhammadiyah)," kata Haedar Nashir saat berpidato dalam acara yang dihadiri 300-an peserta tersebut.

Islam Berkemajuan kata dia, merupakan lanjutan dari gagasan Risalah Islam Berkemajuan yang dibahas pada Muktamar Muhanmadiyah Ke-48 di di Kota Solo, Jawa Tengah pada 2022 lalu, juga pada muktamar ke-46 pada 2010 di Yogyakarta.



Menurut Haedar, secara historis, gagasan Islam berkemajuan tersebut diambil dari kata yang paling sering diucapkan KH Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah). Bahkan, dari beberapa literasi menunjukkan adanya istilah kemajuan.

Tujuan Organisasi Modern


Statuen Muhammadiyah misalnya, menuliskan bahwa tujuan organisasi modernis ini adalah untuk memajukan Islam.

"Dalam sejarah tercatat bahwa Kyai Dahlan sering mengucapkan kata berkemajuan dalam bahasa Jawa. Dalam sebuah pidato iftitah yang tertulis, terdapat istilah pimpinan dan pemimpin kemajuan Islam," ucap Haedar.

"Dari pidato tersebut menunjukkan bahwa Kiai Haji Ahmad Dahlan berharap orang Muhammadiyah menjadi pemimpin kemajuan Islam sebagaimana Islam yang sejatinya pernah membawa kemajuan peradaban," imbuhnya.

Haedar melanjutkan, kata berkemajuan juga terdapat dalam makalah di perpusatakaan kantor Suara Muhammadiyah (majalah) yang salah satu isinya tentang matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah.

Dalam tulisan ini disebutkan bahwa salah satu ciri masyarakat Islam yang sebenarnya adalah berkemajuan.

"Kesimpulannya bahwa kata berkemajuan, kemajuan, maju, itu sudah melekat dengan kelahiran, pertumbuhan dan perkembangan Muhammadiyah. Sehingga jejak yang sahih ada pada Muhammadiyah. Muhammadiyah lahir sebagai Islam Berkemajuan," tutur Haedar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)