Jokowi Ceritakan Perjuangan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Selasa, 28 Maret 2023 - 20:03 WIB
loading...
Jokowi Ceritakan Perjuangan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Presiden Jokowi memberikan pernyataan terkait Piala Dunia U-20 di Istana Negara, Selasa (28/3/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi buka suara terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia yang akan diikuti oleh Tim Nasional (Timnas) Israel. Jokowi pun menceritakan perjuangan Indonesia mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah even olahraga sepak bola tersebut.

Menurut Jokowi, Indonesia tidak begitu saja ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Indonesia melalui proses bidding dan seleksi panjang. Hingga akhirnya ada tiga kandidat negara yang akan menjadi tuan rumah, yakni Brasil, Indonesia, dan Peru.

"Saat itu semua pihak berjuang, bekerja keras bersama-sama agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20," kata Jokowi dalam pernyataannya terkait Piala Dunia U-20 di Istana Negara, Selasa (28/3/2023).



Setelah melalui proses panjang, akhirnya pada Oktober 2019, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Jokowi menganggap bahwa penunjukan itu merupakan kehormatan bagi Indonesia karena mendapat kepercayaan menggelar even akbar sepak bola bertaraf internasional.

"Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia karena kita mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U-20, penyelenggaraan even olahraga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia," katanya.

Saat ditunjuk menjadi tuan rumah, kata Jokowi, Indonesia belum mengetahui negara peserta Piala Dunia U-20. Sebab, waktu itu proses prakualifikasi masih berjalan. Kepastian Timnas Israel lolos Piala Dunia U-20 baru diketahui Juli 2022.

Meski begitu, Jokowi memastikan keikutsertaan Tim Nasional (Timnas) Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina. Dukungan Indonesia terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat.

Baca juga: Presiden Jokowi: Keikutsertaan Timnas Israel Tak Ganggu Dukungan Indonesia ke Palestina

"Ini prinsip negara kita Indonesia, yang konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two state solution, negara Israel dan negara Palestina merdeka," kata Presiden Jokowi.

Jokowi menegaskan, sikap Indonesia ini sesuai dengan konstitusi yakni menolak penjajahan dalam bentuk apa pun. Sikap ini pun selalu disampaikan Indonesia dalam forum-forum bilateral, multilateral, dan internasional.

Jokowi sepakat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi, Jokowi berharap tidak mencampurkan adukan urusan olahraga dan politik.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)