Saran Relawan ke Anies soal Pilih Cawapres: Jangan Hanya karena Popularitas

Selasa, 28 Maret 2023 - 10:51 WIB
loading...
Saran Relawan ke Anies soal Pilih Cawapres: Jangan Hanya karena Popularitas
Anies Baswedan dan Tim 8 menunjukkan Piagam Koalisi yang telah ditandatangani pimpinan tiga parpol Koalisi Perubahan di Sekretariat Perubahan, Jumat (24/3/2023). FOTO/INSTAGRAM ANIES BASWEDAN
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden Anies Baswedan disarankan memilih calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024 tidak hanya karena faktor popularitas. Saran itu dari kelompok relawan pendukung Anies yang tergabung dalam IndonesiAnies.

“Kami ingin mendorong cawapres yang memiliki visi-misi keindonesiaan, kompetensi, dan rekam jejak yang bersih, tidak semata-mata karena populer,” kata Koordinator Relawan IndonesiAnies, Anshar di Jakarta, Senin (27/3/2023).

Diakuinya bahwa popularitas mungkin saja menjadi aspek penentu dalam sosialisasi pilpres, tapi tidak menjadi penentu untuk memajukan Indonesia. “Seperti cita-cita kami, Indonesia harus dipimpin pemimpin besar dengan pikiran-pikiran yang besar. Maka cawapres dari Anies harus memiliki chemistry yang kuat dengannya,” tuturnya.





Maka itu, relawan yang dideklarasikan pada November 2022 ini menekankan Anies jangan sampai diganggu apalagi diintervensi partai politik (parpol) pengusung dalam memilih cawapresnya. Dia melanjutkan, biarkan Anies memantau sosok cawapres yang tepat.

“Mereka berdua bakal menjadi harapan besar bagi seluruh rakyat Indonesia untuk keberlanjutan dan perubahan sosial. Jika Anies terpilih sebagai Presiden 2024, ia punya tanggung jawab sangat besar untuk membuat rakyat hidup lebih sejahtera,” ujar Anshar.

Di tempat terpisah, Juru Bicara IndonesiAnies, Ajis Talaohu membeberkan bahwa relawan IndonesiAnies akan menghormati keputusan Anies dalam memilih siapa pun pendampingnya. Relawan ini akan berkomitmen mendukung Anies hingga mengantarkannya sebagai Presiden Republik Indonesia 2024.

Tapi baginya, sosok cawapres Anies nanti harus mampu menyusun sebuah konsep keindonesiaan untuk mewujudkan rasa keadilan sosial. “Tidak harus populer tapi cawapres Anies harus punya semangat yang sama dengan misi besar Anies untuk memenuhi rasa keadilan rakyat Indonesia,” kata Ajis di Jakarta, Senin (27/3/2023).

Sebelumnya, Anies Baswedan belum mau mengungkap siapa sosok calon wakil presiden (cawapres) yang bakal dipinangnya di kontestasi Pemilu 2024. Saat ini, kriteria cawapres tengah diotak-atik oleh tim kecil yang telah terbentuk.

"Biarkan berproses dulu sudah ada tim kecil yang akan terus membahas dengan kriteria-kriteria yang ada," ujar Anies seusai menghadiri acara buka bersama (Bukber) di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Sabtu (25/3/2023).

Menurut Anies, lambat laun, kriteria cawapres yang bakal menemaninya nanti, juga akan segera diumumkan kepada khalayak.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)