Usut Uang Dugaan Korupsi Dana Tukin di ESDM, KPK Sebut Mengalir ke BPK

Senin, 27 Maret 2023 - 16:43 WIB
loading...
Usut Uang Dugaan Korupsi Dana Tukin di ESDM, KPK Sebut Mengalir ke BPK
Kasus dugaan korupsi dana tunjangan kinerja (tukin) di Kementerian ESDM tengah diusut KPK. KPK pun sudah sudah mengantongi nama yang terlibat dalam kasus ini. Foto/Gedung KPK/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kasus dugaan korupsi dana tunjangan kinerja (tukin) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK pun sudah sudah mengantongi nama yang terlibat dalam kasus ini.

KPK menduga ada oknum pejabat Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba) Kementerian ESDM terkait dugaan korupsi dana tukin ini. Diduga, ada lebih dari satu orang yang menikmati dana haram tersebut.

Bahkan, KPK sudah mendeteksi aliran uang haram terkait pemotongan dana tukin para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian ESDM. Salah satunya, uang haram tersebut diduga mengalir ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Uangnya kemudian diduga dinikmati oleh para oknum ini yang kemudian penggunaannya juga diduga untuk baik itu ada keperluan pribadi masing-masing ada pembelian aset," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (27/3/2023).

"Kemudian, ada juga untuk 'operasional' gitu. Ya termasuk dugaannya dalam rangka untuk pemenuhan proses-proses pemeriksaan oleh BPK gitu ya," sambungnya.



Saat ini, KPK sedang mendalami aliran uang tersebut. Termasuk, dugaan aliran uang ke untuk proses pemeriksaan BPK.

"Itu semua kami masih didalami ya informasi-informasi itu, fakta-fakta itu kemana saja uang yang diduga hasil pemotongan tukin dari para pegawai di Kementerian ESDM 2020-2022," terangnya.

Sekadar informasi, KPK sedang mengusut kasus baru terkait dugaan korupsi pemotongan dana tukin ASN di Kementerian ESDM. Kasus tersebut sudah masuk dalam proses penyidikan. Saat ini, KPK masih mengumpulkan bukti tambahan untuk melengkapi penyidikan perkara ini.

Bukti tambahan tersebut, salah satunya dikumpulkan lewat penggeledahan. KPK sedang menggeledah sedikitnya dua lokasi pada hari ini. Dua lokasi tersebut yakni, kantor Ditjen Minerba dan kantor Kementerian ESDM. Belum diketahui apa saja yang berhasil diamankan dari dua lokasi tersebut.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0883 seconds (0.1#10.140)