Soal Sweeping hingga Sahur On The Road, TGB: Ramadan Ajarkan Disiplin dan Taat Aturan

Rabu, 22 Maret 2023 - 20:31 WIB
loading...
A A A
Oleh karena itu, TGB berpesan, saat melihat sesuatu yang dianggap kurang baik, tetapi direspons dengan cara yang menyebabkan fitnah yang lebih besar dan isu yang bergulir di mana-mana, hal itu justru merusak Ramadan. Ramadan yang seharusnya menjadi waktu untuk beribadah akhirnya sibuk berkomentar satu sama lain.

Untuk itu, TGB mengajak semua pihak untuk membangun pengendalian diri ini, dan jika melihat perilaku yang dianggap sangat mencolok dan mengganggu Ramadhan, hal itu bisa disampaikan dengan baik. Dan kalau itu dianggap memiliki konsekuensi hukumnya, maka sampaikan ke penegak hukum.

“Menurut saya itulah yang terbaik dan memang seperti itulah Islam mengajarkan kita, kalau kata para ulama Islam membawa dua hal tuntunan dan juga tatanan, bagian dari tatanan itu adalah kita mengikuti aturan-aturan hukum dengan baik sehingga membawa ketenangan dan kenyamanan untuk semua khususnya pada bulan suci Ramadhan,” pesannya.

TGB juga melihat bahwa ada banyak sekali kegiatan positif yang bisa dilakukan oleh anak-anak muda, yang bisa dilakukan sendirian maupun bersama-sama. Seperti misalnya kajian ke-Islaman, mengumpulkan bantuan untuk disalurkan kepada yang membutuhkan, dan banyak sekali kegiatan-kegiatan positif lainnya yang bisa dilakukan.

Namun, diakui TGB aksi SOTR sering dilakukan oleh anak-anak muda yang berada di kota-kota besar. Kegiatan itu justru menimbulkan kebisingan yang mengganggu waktu orang lain untuk beribadah dan beristirahat.

“Apalagi kita tahu kan waktu sahur itu sebenarnya waktu yang sangat khusyuk yang sangat mulia di dalam pandangan Islam, sehingga alangkah baiknya pada waktu itu kita menggunakan untuk kontemplasi, untuk mendekat kepada Allah, berzikir, berta’aruf ya, tidak membuat kebisingan-kebisingan yang justru mengganggu kekhusyukan,” sambung TGB.

TGB melihat, kegiatan anak-anak muda yang berekses negatif tidak terlalu dominan. Tinggal bagaimana semua pihak dapat membantu mengarahkan energi-energi anak muda untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. “Sebenarnya ya tinggal bagaimana jika seluruh pihak yang kita bersama anak-anak muda kita untuk terus mengarahkan energi positif mereka untuk hal-hal yang baik, mengarahkan energi positif untuk hal-hal yang baik,” tandasnya.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3078 seconds (0.1#10.140)