Pemikiran Soekarno dan Cak Nur Dianggap Punya Kesamaan, Visioner untuk Indonesia

Selasa, 21 Maret 2023 - 15:37 WIB
loading...
Pemikiran Soekarno dan Cak Nur Dianggap Punya Kesamaan, Visioner untuk Indonesia
Kehadiran Doktor Universitas Pertahanan (Unhan) Hasto Kristiyanto ke Universitas Paramadina membawa diskursus baru tentang pemikiran pendiri bangsa Soekarno. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Kehadiran Doktor Universitas Pertahanan (Unhan) Hasto Kristiyanto ke Universitas Paramadina membawa diskursus baru tentang pemikiran pendiri bangsa Soekarno . Bahkan, sempat dikaitkan dengan Nurcholish Madjid atau Cak Nur .

“Ada persamaan pemikiran Sukarno dan Cak Nur? Ternyata sangat-sangat kuat relevansinya karena semuanya berkaitan dengan pembaharuan pemikiran politik maupun pemikiran dalam keislaman,” ujar Wakil Rektor Universitas Paramadina Fatchiah E Kertamuda saat membuka diskusi bertema Unpacking Indonesia X Paramadina Democracy Forum (PDF) bertajuk "Diskursus Pemikiran Politik Soekarno dan Relevansinya Terhadap Pertahanan Negara" di Universitas Paramadina, Jakarta, Selasa (21/3/2023).



Selain Hasto, hadir sebagai narasumber Rektor Universitas Paramadina Prof Dr Didik J Rachbini, Pakar Geopolitik Dr Dina Sulaeman, Pakar Politik Internasional Musa Alkadzim MIP, dan Dosen Universitas Paramadina Dr A Khoirul Umam, serta moderator Zulfan Lindan, politikus senior.

Sementara di awal sebagai pembicara, Hasto sempat membuat pantun yang juga membawa nama Cak Nur. “Kembangkan pemikiran Cak Nur bagi Indonesia dan dunia. Universitas Paramadina sangat ternama. Tradisi intelektualnya bangun kemajuan Indonesia bagi dunia,” ujar Hasto mengawalinya dengan pantun.

Dia mengaku merasa senang saat masuk Universitas Paramadina diperlihatkan pertama kali adalah perpustakaannya. Menurut dia, ini menunjukkan tradisi intelektual dengan membaca buku.

“Saya sangat senang bertemu dengan teman-teman mahasiswa karena ini menunjukkan bahwa tradisi intelektual para pendiri bangsa itu dibangun dengan membaca buku. Buku sebagai jendela dunia, sebagaimana dalam tradisi intelektual Soekarno,” ungkap Sekjen PDIP ini.

Dengan membaca buku, kata dia, mempunyai imajinasi akan masa depan. “Sebagaimana Cak Nur lakukan, kemudian membukukan dalam berbagai problematika rakyat bangsa dan negara. Sehingga pada tahun 70-an beliau begitu visioner mengatakan, bahwa Islam yes partai Islam no. Ini merupakan gambaran dari pemimpin visioner,” tutur Hasto.

Karena itu jika dikaitkan dengan pemikiran atau tradisi intelektual Soekarno, maka selalu berpikiran keluar dan bukan lagi bertikai dan hanya ribut antar sesama anak bangsa. Sehingga tercetuslah soal Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang memikirkan menghapuskan kolonialisme.

“Setelah KAA, lalu ada Perempuan Asia-Afrika, ada Dokter Anak Asia-Afrika. Karena Soekarno ingin anak-anak Indonesia tidak stunting tingginya 170 cm maka ada buku Mustika Rasa, memikirkan kecukupan gizi bagi Indonesia. Lalu ada mahasiswa Asia-Afrika,” jelas Hasto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)