Diresmikan Jokowi, Gedung PYCH Bukti Nyata Perhatian dan Kepedulian untuk Generasi Muda Papua

Selasa, 21 Maret 2023 - 14:22 WIB
loading...
A A A
"PYCH memiki visi-misi agar anak muda Papua menjadi motor penggerak di berbagai sektor kehidupan Papua melalui kemitraan secara nasional maupun internasional. Oleh karenanya, kami semua optimistis ke depan akan lahir anak-anak muda Papua dengan prestasi dan reputasi mendunia yang berasal dari Papua Youth Creative Hub ini," tegasnya.

Diasuh oleh BIN, PYCH ditujukan sebagai pusat pengembangan talenta potensial Tanah Papua agar menjadi generasi unggul, kreatif, berjiwa pelopor, lincah mengadopsi cara-cara baru dan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital serta memiliki semangat kebangsaan yang tinggi.

Beragam program yang sudah berjalan di gedung ini dapat diikuti anak-anak muda Papua dari berbagai kalangan dan daerah, meliputi pelatihan dan pengembangan minat-bakat bahkan pembinaan kewirausahaan sekaligus pemasaran.

Di antaranya pelatihan seni kriya ragam suvenir khas Papua, kuliner, desainer, dan modeling, seni tari, puisi, podcast, fotografi, seni pahat, seni suara, dan musik. Juga ada pelatihan perakitan, reparasi gadget, PC, dan laptop oleh Puslitbang BIN hingga bimbingan tes sekolah kedinasan.

Gedung PYCH dibangun dengan arsitektur khas adat Papua, yaitu atap Honai Jayapura dan atap Kariwari Wamena. Selain memiliki asrama berkapasitas seratusan orang, Gedung PYCH juga dilengkapi cafe, co-working space, studio musik, studio fotografi, ruang podcast, ruang konseling, teater, hingga ruang serbaguna. Gedung ini juga memiliki fasilitas internet berkecepatan tinggi.

Adapun yang cukup menonjol adalah PYCH Store yang merupakan tempat pemasaran berbagai produk dari para entrepreneur muda dan UMKM. Selain display, pemasaran juga dilakukan secara online agar bisa menembus pasar nasional dan internasional.

Semua produk dipasarkan dengan label “PYCH”. Ratusan UMKM telah bergabung di sini dengan ribuan item produk. Sebagian telah berhasil didaftarkan untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual atau HKI. Dalam acara peresmian, Menkumham Yasonna H Laoly menyerahkan secara simbolis tanda pendaftaran HKI kepada pembina PYCH, Kepala BIN Budi Gunawan.

Turut hadir dalam acara peresmian Menkumham Yasonna H Laoly, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/Plt Menpora Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menparekraf Sandiaga Uno, dan sejumlah pejabat negara lainnya.



Lalu, Rektor UNHAN Amarulla Octavian, Rektor Universitas Hasanudin Jamaluddin Jompa, Rektor Universitas Cenderawasih Oscar O Wambrauw, kemudian sejumlah tokoh adat, agama, dan pemuda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)