Pengamat: Miliki 3 Kelebihan, TGB Bisa Melengkapi Kekurangan Capres 2024

Selasa, 21 Maret 2023 - 03:27 WIB
loading...
Pengamat: Miliki 3 Kelebihan, TGB Bisa Melengkapi Kekurangan Capres 2024
Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi dinilai bisa melengkapi kekurangan Capres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai diusungnya Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) 2024 oleh Partai Perindo tepat. TGB Dianggap memiliki sejumlah hal yang dapat melengkapi bakal calon presiden pada kontestasi pemilu 2024.

Dia menilai terdapat setidaknya TGB telah melengkapi tiga variabel para calon presiden pada Pemilu 2024. Pertama TGB telah mewakili masyarakat di luar pulau Jawa sebagai perwakilan dari luar pulau Jawa. "Satu variasi, kalau cawapresnya Jawa, cawapresnya non-jawa itu termasuk TGB. Karena dianggap gubernur yang berprestasi," kata Adi di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Variabel selanjutnya keterwakilan kelompok relijius yang pemilihnya mencapai 85% di seluruh Indonesia. TGB dinilai telah layak bahkan tidak ada celah bagi kelompok lain yang dapat mengkritik relijius seorang TGB.



"Irisan soal jika pasangan nasionalis maka wakilnya harus relijius atau mewakili Islam yang moderat. TGB ini pendidikan top lulusan Al-Azhar Kairo Mesir. Saya kira orang tidak ada celah untuk mengkritik melihat potret keislaman TGB baca Alquran bagus, baca kitab bagus dan sebagainya," jelasnya.



Variabel selanjutnya, kata Adi merupakan sosok yang harus populer yang dapat mendongkrak calon presiden. Dia menilai TGB merupakan bagian dari deretan kepala daerah yang bagus dan dianggap moncer kemudian disorot dan diendors sehingga selalu muncul ke permukaan. "TGB menjadi sosok yang selalu muncul seperti 2019 dan kemudian 2024. Populer dan sehingga selalu muncul," jelasnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) menyebut sosok TGB Zainul Majdi cocok menjadi Cawapres pada Pilpres 2024.

Hal itu dikatakan HT sapaan karibnya usai melantik pengurus DPW Perindo Nusa Tenggara Barat. "TGB ini cocok dijadikan Wakil (Cawapres) ya. TGB di NTB ini saya tidak ragukan lagi. Dia merupakan Gubernur NTB dua periode dan salah satu tokoh yang berpengaruh," katanya di Mataram Sabtu, 18 Maret 2023.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)