HT Optimistis Elektabilitas Partai Perindo Capai 10%

Sabtu, 18 Maret 2023 - 17:15 WIB
loading...
HT Optimistis Elektabilitas Partai Perindo Capai 10%
Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) menargetkan elektabilitas Partai Perindo tembus 7% pada Juni 2023. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) Hary Tanoesoedibjo (HT) optimistis tingkat keterpilihan atau elektabilitas Partai Perindo minimal mencapai 10% atau dua digit. Hal itu menyusul capaian per Maret 2023 yang telah berhasil menembus hingga 5% berdasarkan survei Political Weather Station (PWS).

Guna mencapai target minimal 10% itu, HT meyakini elektabilitas Partai Perindo menguat menjadi 6% hingga 7% pada Juni 2023. Dalam survei PWS, Partai Perindo mampu menembus elektabilitas 5% dan menduduki parpol papan tengah.

"Terus terang target kami bulan April, Mei, Juni 2023, jadi kuartal II itu sekitar 6%-7%," kata HT seusai melantik Pengurus DPW, DPD dan sayap Partai Perindo se-NTB, Sabtu (18/3/2023).



"Dengan harapan nanti April sampai Juni disurvei lagi sudah meningkat ke 6%-7%. Memasuki semester II, mulai masuk ke saksi atau lapisan paling bawah sekali, sehingga kita lebih efektif ke bawah," jelas HT.

HT berharap pada awal kuartal IV, elektabilitas Partai Perindo bisa lebih meningkat menjadi 8%-10%. "Awal kuartal IV sudah bisa 8%-10% target kita, ini program kerja yang kita lakukan sekarang," ujar HT.



Dalam riset terbaru lembaga survei PWS pada Maret 2023, Partai Perindo mampu menembus elektabilitas 5% dan menduduki parpol papan tengah.

Peneliti PWS Sharazani mengatakan Partai Perindo mampu sejajar dengan parpol-parpol yang sekarang berada di parlemen. Bahkan, elektabilitas Partai Perindo berhasil menembus papan tengah bersama dengan Nasdem, PKB dan PKS. "Di papan tengah ada Partai Nasdem 8,5%, PKB 7,6% dan PKS 7,4%, diikuti Partai Perindo 5%," kata Sharazani dalam paparan hasil surveinya secara daring, Selasa, 14 Maret 2023.

Tak hanya mampu bersaing di papan tengah, partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini bahkan mampu menyalip dua parpol yang notabene langganan lolos ke Senayan. Dua parpol yang mampu disalip Partai Perindo yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Survei PWS dilaksanakan pada 3-10 Maret 2023 di 34 provinsi di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon dengan pedoman kuisioner.

Adapun, jumlah sampel yang ditentukan dalam survei ini sebanyak 1.200 responden yang telah dipilih melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat atau systematic random sampling. Sementara itu, margin of error yang diterapkan sebesar ±2,83%, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)