5 Kader PDIP yang Sukses Jabat Gubernur di Indonesia, dari Jawa Tengah hingga Sulawesi Utara

Sabtu, 18 Maret 2023 - 14:07 WIB
loading...
5 Kader PDIP yang Sukses Jabat Gubernur di Indonesia, dari Jawa Tengah hingga Sulawesi Utara
Terdapat lima Gubernur Indonesia yang merupakan kader PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat lima Gubernur di Indonesia yang merupakan kader PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan). Tiga di antaranya telah menjabat selama dua periode.

PDIP memang terbilang sebagai partai besar yang cukup mendominasi pemilihan suara. Kepercayaan masyarakat terhadap partai berlambang banteng ini memang telah lama terbentuk sejak Megawati Soekarnoputri memimpin partai tersebut pada 1998.

Nama PDIP kian menjulang usai terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia di tahun 2014 silam. Dengan tingginya integritas partai politik tersebut bahkan membuat beberapa kadernya sukses untuk menduduki kursi pemerintahan baik sebagai anggota DPR maupun Gubernur.


Berikut lima kader PDIP yang sukses menjabat sebagai Gubernur dan masih bertahan hingga saat ini

Dari total 34 Gubernur di seluruh Indonesia, lima di antaranya merupakan kader PDIP yang masih menjabat.

1. Ganjar Pranowo - Gubernur Jawa Tengah

Dilansir dari laman PPID Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo lahir di Karanganyar pada 28 Oktober 1968. Sebelum menjabat sebagai gubernur, dia merupakan anggota DPR dari Fraksi PDIP.

Ganjar telah memimpin Jawa Tengah selama 2 Periode sejak 2013. Mantan Bupati Purbalingga yang juga merupakan kader PDIP, Heru Sudjatmoko jadi pasangan pertamanya.

Kemudian di tahun 2018, Ganjar kembali terpilih dan buat dirinya melakoni periode kedua. Kala itu, dia berpasangan dengan kader PPP, Taj Yasin Maimoen.

Gubernur Jawa Tengah ini bahkan digadang gadang akan jadi calon Presiden untuk Pemilu 2024 mendatang. Berbekal angka elektabilitas yang selalu berada di papan atas berdasar beberapa hasil survei.

2. Sugianto Sabran - Gubernur Kalimantan Tengah

Sugianto mulai menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Tengah sejak 25 Mei 2016. Kala itu dia bersama Ismail bin Yahya sebagai wakil.

Pria kelahiran 5 Juli 1973 ini kembali maju dan terpilih di tahun 2020 dengan menggandeng Edy Pratowo. Sugianto sendiri telah tergabung sebagai kader PDIP sejak tahun 2009.

Sebelum berkarier di dunia politik, Sugianto sempat menggeluti bisnis kelapa sawit dengan menjadi kepala PT Tanjung Lingga.


3. Murad Ismail - Gubernur Maluku

Murad Ismail merupakan pensiunan polisi berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) yang lahir pada 11 September 1961. Da mulai menjabat sebagai Gubernur Maluku pada tahun 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)