2 Jenderal Polisi Alumni Akpol 1988 yang Sukses Jabat Komandan Brimob

Jum'at, 17 Maret 2023 - 19:06 WIB
loading...
2 Jenderal Polisi Alumni Akpol 1988 yang Sukses Jabat Komandan Brimob
Irjen Pol Rudy Sufahriadi (Foto/Istimewa) dan Komjen Pol Anang Revandoko (Foto/MPI)
A A A
JAKARTA - Terdapat dua Jenderal Polisi alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 yang sukses menjabat sebagai Komandan Korps Brimob Polri. Salah satunya masih menjabat sampai saat ini.

Melansir dari laman Korps Brimob Polri, Korps Brigade Mobil ( Brimob ) merupakan satuan elite Polri yang bertugas menanggulangi ancaman keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), seperti gerakan radikal bersenjata, aksi terorisme, dan pengamanan unjuk rasa yang anarkis.

Dalam struktur organisasinya, Korps Brimob dipimpin oleh Dankorbrimob dan didampingi oleh Wakil Komandan Brimob. Telah ada 30 nama Perwira Tinggi Polri yang telah menduduki jabatan Komandan Korps Brimob hingga kini. Dua di antaranya merupakan jebolan Akpol tahun 1988.

Baca juga: Buka Rakernis, Kapolri Tekankan Brimob Harus Jadi Teladan

Berikut profil singkat dua jenderal Polisi yang sukses menjabat Komandan Brimob:

1. Irjen Pol Rudy Sufahriadi

Irjen Rudy Sufahriadi lahir pada 23 Agustus 1965 di Cimahi, Jawa Barat. Dia kini tengah menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tengah. Jabatan itu diembannya sejak 25 Agustus 2021.

Posisi Komandan Korps Brimob sempat diembannya di tahun 2018. Setahun berselang, jebolan Akpol 1988 ini dipercaya untuk menjadi Asisten Operasi Kapolri.

Irjen Rudy juga sempat ditugaskan sebagai Kapolda Jawa Barat di tahun 2019. Hingga pada 2020, dia ditunjuk sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Sebelum akhirnya menjabat sebagai Kapolda Sulteng.

2. Komjen Pol Anang Revandoko

Komjen Anang Revandoko merupakan Dankor Brimob yang masih menjabat sampai saat ini. Awal mula jabatannya sebagai Komandan Brigade Mobil pada 2 Agustus 2019. Saat itu Anang masih Perwira Tinggi Polri berpangkat Inspektur Jenderal.

Kenaikan pangkat pria asal Semarang ini terjadi usai dilakukan penguatan struktur organisasi Polri. Dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2022 disebutkan Dankorbrimob Polri diisi oleh pangkat Komjen atau setara dengan Eselon IA.

Hal tersebut membuat Anang secara resmi mendapat kenaikan pangkat dari Irjen menjadi Komjen pada 29 Juni 2022. Pria kelahiran 14 Oktober 1965 ini memang telah banyak menjabat di beberapa posisi dalam satuan Brimob.

Dimulai dari menjadi Paur Latsat Brimob Polda Jawa Tengah di tahun 1989, hingga menjabat sebagai Wakil Komandan Brimob pada tahun 2015.

Sebelum dilantik sebagai Dankorbrimob, Jenderal Polisi bintang tiga ini terlebih dahulu menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah pada 2016 sampai 2019.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)