Hari ke-37 Pilot Susi Air Disandera OPM, TNI-Polri Terus Lakukan Pencarian

Rabu, 15 Maret 2023 - 11:33 WIB
loading...
Hari ke-37 Pilot Susi Air Disandera OPM, TNI-Polri Terus Lakukan Pencarian
Kapuspen TNI Laksamana Muda Kisdiyanto mengatakan TNI_Polri masih terus melakukan pencarian Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Merthens yang disandera KKB. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Penyanderaan Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Merthens oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) telah memasuki hari ke-37. TNI bersama Polri masih terus melakukan pencarian hingga saat ini.

"Terkait informasi terbaru, terutama mengenai penanganan penyanderaan pilot Susi Air. Jadi saat ini, sampai sekarang ini satuan TNI masih kita gelar bersama Polri," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Kisdiyanto kepada wartawan di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023).





Kisdiyanto mengatakan operasi yang dilakukan oleh TNI-Polri bersifat penegakan hukum dan bukan operasi militer. Sehingga, tidak serta merta mengerahkan pasukan khusus dan kekuatan alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang dimiliki.

Hal tersebut, kata Kisdiyanto, juga dilakukan agar tidak membahayakan keselamatan pilot asal Selandia Baru itu.

"Karena operasi tersebut adalah bersifat penegakan hukum bukan bersifat operasi militer. Sehingga yang lebih dikedepankan adalah bagaimana sandera ini selamat," jelasnya.

"Kita bisa aja, TNI kita punya pasukan khusus, baik darat laut maupun udara, kita bisa langsung eksekusi Egianus Kogoya dan kelompoknya. Tapi tentu itu berisiko terhadap sandera," tutupnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan pilot maskapai Susi Air Philips Mark Merthens (37) yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua dalam kondisi baik. Bahkan, ia terlihat santai seperti tidak merasa terancam.

"Itu fotonya masih santai-santai saja gitu. Sepertinya tidak terasa diancam dan santai-santai saja. Bajunya juga ganti-ganti terus kemarin di foto," kata Yudo Margono di sela kegiatan Karya Bakti Skala Besar Mabes TNI TA 2023 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu (11/3/2023).

Menurutnya, TNI-Polri masih terus melanjutkan operasi pencarian pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut. Tim Satgas Damai Cartenz akan dioptimalkan untuk melakukan pencarian.



"Saya tidak mau terjadi korban. Karena dia (kelompok kriminal bersenjata) bukan gerombolan yang sendiri melawan. Tidak ada tim khusus, kami akan optimalkan Tim Satgas Damai Cartenz," katanya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)