Perempuan Bangsa Dorong Kesetaraan Gender di Indonesia

Selasa, 14 Maret 2023 - 09:00 WIB
loading...
Perempuan Bangsa Dorong Kesetaraan Gender di Indonesia
Perempuan Bangsa meyakini implementasi kesetaraan gender dapat berimplikasi dalam harmonisasi kehidupan berbangsa. Foto/istimewadan bernegara
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa Siti Mukaromah menganggap kesetaraan gender masih menjadi isu utama dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Karena itu, ia mendorong pemenuhan kuota pencalonan perempuan 30% pada Pemilu 2024.

"Kesetaraan gender yang diimplementasikan dapat berimplikasi secara signifikan dalam harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Siti Mukaromah di sela Fun Run 10K yang digelar Garda Bangsa dan Perempuan Bangsa di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (14/3/2023). Kegiatan memperingati International Women's Day 2023 yang diikuti 3.000 peserta ini bertajuk Equality Today For a Harmony Tomorrow.

Erma, sapaan akrab Siti Mukaromah, menilai kekerasan terhadap perempuan masih marak terjadi. Budaya patriarki juga kerap menjadi penghalang bagi perempuan dalam mewujudkan kesetaraan gender.

"Budaya patriarki masih muncul di beberapa daerah. Apalagi di tahun politik, ini justru sangat terlihat. Misalnya dalam pemenuhan kuota perempuan memenuhi afirmasi yang diatur undang-undang," kata Anggota Komisi VI DPR ini.



Karena itu, Perempuan Bangsa mendorong peningkatan kualitas kader-kader perempuan. Tidak hanya kuantitas dalam pemenuhan kuota, tapi kualitas perempuan.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang membuka Fun Run 10K itu mengatakan, International Women's Day memiliki makna penting sebagai wujud pengahargaan dan apresiasi terhadap perempuan di seluruh dunia dalam memperjuangkan hak-hak perempuan tanpa memandang asal, etnis, bahasa, budaya, dan ekonomi serta pandangan politik. Peringatan ini bagian dari perjuangan mencapai perdamaian dan kesetaraan bagi kaum wanita di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

"Karena itu saya mengapresiasi sahabat sahabat DKN Garda Bangsa bersama Perempuan bangsa. Sebuah ajakan untuk menentang stereotip gender, menentang diskriminasi, kekerasan serta mengupayakan inklusivitas dalam segala aspek kehidupun," kata Cak Imin.

Menurutnya, semangat kesetaraan harus terus digelorakan bersama lebih dari 3.000-an orang peserta Fun Run 10K dan masyarakat Indonesia secara umum.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)