BMKG Prakirakan Cuaca di 34 Kota Besar Cerah Berawan hingga Hujan

Minggu, 12 Maret 2023 - 22:50 WIB
loading...
BMKG Prakirakan Cuaca di 34 Kota Besar Cerah Berawan hingga Hujan
Seorang wanita tengah berjalan sambil memakai payung di tengah guyuran hujan deras. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memprakirakan 34 kota besar di Indonesia cerah berawan hingga hujan pada Senin 13 Maret 2023. Bahkan, BMKG juga mulai memantau adanyadry intrusionatau intrusi udara kering di belahan bumi selatan dan utara Indonesia, yang mampu mengangkat masa udara sehingga menjadi lebih hangat dan lembap. Selain sirkulasi siklonik.

“Sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Pasifik Utara Halmahera, yang membentuk daerah pertemuan dan juga perlambatan Kecepatan angin atau daerah konvergensi yang memanjang di sekitar laut Filipina sebelah timur Filipina di pesisir Utara Maluku Utara dan juga di sekitar laut Sulawesi,” kata Prakirawan BMKG M. Irsal Yuliandri dalam prakiraan cuaca yang dikutip melalui akun media sosial (medsos) Info BMKG, Minggu (12/3/2023) malam.

Irsal melanjutkan, daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang di pesisir Utara Aceh, dari Selat Malaka hingga Sumatera Barat, di Sumatera Utara, dari Jambi hingga Pesisir Barat Bengkulu, dari Pesisir Selatan Kalimantan Tengah hingga Sulawesi bagian Selatan, di sekitar laut Maluku dan juga dari Pesisir Utara Papua Barat hingga Papua.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan juga di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” ujarnya.

Selain itu,kata dia,intrusi udara kering atau dry intrusion juga terpantau di belahan bumi utara yang melintasi Samudra Pasifik Timur Filipina hingga Laut Cina Selatan, dan juga dry intrusion terpantau di belahan bumi selatan yang melintasi Samudra Hindia Selatan Banten, hingga Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, yang mampu mengangkat masa udara di depan muka intrusi menjadi lebih hangat dan lembab, meliputi di sebagian besar Sumatera, sebagian besar Kalimantan dan sebagian besar Sulawesi.

“Kemudian peningkatan Kecepatan angin lebih dari 25 not terpantau di sekitar Laut Cina Selatan hingga laut Natuna bagian utara, yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang laut di sekitar perairan tersebut,” sambungnya.

Untuk prakiraan cuaca di kota-kota besar wilayah Indonesiapada Senin 13 Maret 2023, Irsal menjelaskan, untukPulau SumateradiKota Banda Aceh dan juga Tanjung Pinangdiperkirakan kondisi cuaca cenderung cerah berawan hingga berawan, kemudian potensi hujan ringan terdapat di kota Padang, Pekanbaru, Palembang dan juga Bandar Lampung. Kemudian potensi hujan sedang terdapat di kota Jambi.

“Dan perlu sobat waspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat dan juga petir di Kota Bengkulu dan Pangkalpinang, dan potensi hujan lebat di kota Medan,” terangnya.

Kemudian, lanjut Irsal,untuk Pulau Jawa, dikotaYogyakartadiprakirakan kondisi cuaca cenderung cerah berawan, kota Semarang dan juga Surabayadiperkirakan berpotensi berawan,potensi hujan ringan terdapat di kota Serang dan juga Bandung, dan potensi hujan sedang terdapat di DKI Jakarta.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2439 seconds (0.1#10.140)