Brimob Resmikan Struktur Organisasi Baru: Amankan IKN hingga Pemilu 2024

Jum'at, 10 Maret 2023 - 18:17 WIB
loading...
Brimob Resmikan Struktur Organisasi Baru: Amankan IKN hingga Pemilu 2024
Dankor Brimob Polri Komjen Anang Revandoko memberikan keterangan kepada media usai melantik Komandan Pasukan Brimob I, II, dan III di Lapangan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jumat (10/3/2023). FOTO/MPI/REFI SANDI
A A A
JAKARTA - Korps Brimob Polri meresmikan struktur organisasi baru bersamaan dengan pelantikan Komandan Pasukan Brimob I, II, dan III. Struktur organisasi baru ini bertujuan mempercepat dalam memberikan perlindungan, melayani, dan mengayomi masyarakat.

Dankor Brimob Polri Komjen Anang Revandoko menjelaskan, dalam struktur organisasi baru, Dankor Brimob berpangkat Komjen atau bintang tiga, sementara Wadankor Brimob berpangkat Irjen atau bintang dua. Di bawahnya ada Kepala Biro Perencanaan Operasi yang berpangkat Brigjen atau bintang satu.

Selain itu, terdapat 3 Komandan Pasukan Brimob yang akan ditempatkan di tiga wilayah bagian. Pasukan Brimob I wilayah Indonesia Barat akan dipusatkan di Aceh. Untuk Pasukan Brimob II wilayah Indonesia Tengah berada di Kalimantan Timur.

Baca juga: Dankor Brimob Resmi Lantik Tiga Komandan Pasukan Baru

"Pasukan Brimob II di wilayah Indonesia Tengah untuk menjaga kebijakan pemerintah yaitu untuk persiapan IKN bagaimana Pasukan Brimob II menjaga kebijakan kita untuk persiapan IKN yang ada di Kalimantan Timur," kata Anang di Lapangan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jumat (10/3/2023).

Adapun pasukan Brimob III wilayah Timur akan bertempat di Papua, khususnya di Timika. Ketiga Komandan Pasukan Brimob di tiga wilayah tersebut akan berpangkat jenderal bintang satu.

Peresmian struktur organisasi baru di Korps Brimob merupakan kajian lama pimpinan Polri. Korps Brimob yang memiliki tugas penanganan konflik, penanganan kelompok bersenjata lintas provinsi dan negara, perlu melakukan percepatan penanganan konflik di awal agar permasalahan tidak semakin melebar ke wilayah lain.

Sebentar lagi, Indonesia akan memasuki tahun politik, sehingga perlu adanya antisipasi dan respons yang cepat untuk menangani setiap permasalahan.

Baca juga: Dankor Brimob: Kita Hadir di Tempat Tidak Terjangkau

"Polri pada tahun politik saat ini mengantisipasi lebih dengan kecepatan dalam merespons, serta melihat situasi jika ada potensi-potensi yang membahayakan dan bersifat mengancam kepada masyarakat dan institusi," kata Anang.

Pelantikan Tiga Danpas Brimob

Komjen Pol Anang Revandoko melantik tiga Komandan Pasukan (Danpas) Brimob baru. Ketiganya adalah Brigjen Pol Firly Ruspang Samosir yang menjabat Danpas Korbrimob I berkedudukan di Desa Alue Kumbang, Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur, Aceh dan wilayah Sumatera lainnya.

Selanjutnya, Brigadir Jenderal Polisi Arif Budiman sebagai Danpas Brimob II Polri yang berkedudukan di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) nantinya. Kemudian Brigadir Polisi Gatot Haribowo yang dilantik menjadi Danpas Brimob III Polri. Ia berkedudukan di Jalan Raya Trans Nabire, Kampung Iwaka, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)