Pilpres 2024, PAN Dengarkan Aspirasi Usulan KIB Usung Ganjar-Airlangga

Kamis, 09 Maret 2023 - 15:45 WIB
loading...
Pilpres 2024, PAN Dengarkan Aspirasi Usulan KIB Usung Ganjar-Airlangga
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disarankan mengusung Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto sebagai kandidat capres-cawapres 2024. FOTO/LSI Denny JA
A A A
JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disarankan mengusung Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto sebagai kandidat capres-cawapres 2024. Wacana ini mendapat sambutan positif dari Partai Amanat Nasional (PAN).

"Kita mendengar aspirasi yang datangnya dari segala penjuru. Semua masih terbuka dan cair, dinamis," kata Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga, Kamis (9/3/2023).

Untuk diketahui, KIB terbentuk oleh tiga partai politik (parpol), yakni Partai Golkar, PAN, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Karena itu, kata Viva, keputusan pasangan calon (paslon) capres-cawapres di Pilpres 2024 akan diputuskan bersama dalam rapat KIB.



KIB, kata Viva, akan memonitor secara serius dan selektif paslon yang akan memenangi Pilpres 2024 agar dapat menjalankan platform dan program akselerasi dan transformasi ekonomi nasional. Saat ini KIB masih dalam proses pematangan kondisi objektif.

"Pada waktunya nanti akan diputuskan nama-nama paslon untuk capres-cawapres yang akan didaftarkan secara resmi ke KPU. Jika ada keputusan akan segera dikabari," katanya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyarankan KIB mengusung Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto di Pilpres 2024. Hal ini disampaikan merespons Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan yang mengisyaratkan Ganjar Pranowo-Erick Thohir cocok memimpin Indonesia di hadapan Presiden Jokowi saat Rakernas PAN di Semarang, beberapa waktu lalu.

"Kalau PAN usung Ganjar-Erick ya enggak ada kader dari KIB. Itu yang jadi persoalan. KIB kan ini tiga partai yang berkoalisi. Paling besar itu Golkar, kemudian PAN, dan PPP," kata Pangi dalam keterangannya, Rabu (8/3/2023).

Pangi juga menilai, Ganjar dan Airlangga lebih berpotensi menang lantaran Ganjar dan Airlangga sudah punya mesin partai. Ganjar di PDIP dan Airlangga di Golkar.

"Erick bukan kader partai, enggak punya mesin partai, hanya mengandalkan figur dan logistik. Figur dan logistik dalam Pilpres enggak ada jaminan juga," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)