TNI Terima Pesawat Super Hercules, Pengamat Militer: Mampu Jangkau Seluruh Indonesia

Rabu, 08 Maret 2023 - 19:16 WIB
loading...
TNI Terima Pesawat Super Hercules, Pengamat Militer: Mampu Jangkau Seluruh Indonesia
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hankam dan Siber Susaningtyas NH Kertopati mengatakan, pesawat Super Hercules mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan Pesawat C-130 J Super Hercules A-1339 dan C-130H A-1315 kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Penyerahan tersebut disaksikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Keluarga TNI dan seluruh masyarakat Indonesia hari ini mendapatkan satu anggota baru karena secara resmi pesawat C-130J Super Hercules kita terima dan akan dimanfaatkan untuk kepentingan Indonesia baik untuk misi operasi militer, bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam, ataupun tugas lain yang tentunya berguna bagi Indonesia,” ujar Ketua DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Bidang Hankam dan Siber Susaningtyas NH Kertopati, Rabu (8/3/2023).

Mantan anggota Komisi I DPR ini menyebut Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang menggunakan pesawat tersebut. “Kita bangga bisa memiliki pesawat Super Hercules. Indonesia merupakan negara pertama yang memiliki teknologi ini di Asia Tenggara. Produk ini adalah hasil diplomasi pemerintah di bawah Presiden Jokowi,” ucapnya.



Pengamat militer dan intelijen ini menyebut, pesawat Super Hercules ini sangat canggih dan dapat digunakan untuk mengangkut pasukan, orang maupun kargo/barang dengan berat hingga 19,9 ton. Dengan daya angkut yang besar pesawat Super Hercules bagus digunakan untuk berbagai jenis operasi, militer maupun nonmiliter hingga bencana alam.



”Selain itu, pesawat ini juga mampu terbang lama kurang lebih 10 jam sehingga bisa digunakan untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia,” ucapnya.

Seperti diketahui, Pesawat C-130 J Super Hercules telah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (6/3/2023) setelah menempuh perjalanan 34 jam dari Amerika Serikat.

"Diawali pada 28 Februari sampai 6 Maret 2023, dengan rute Marietta-Monterey-Honolulu-Kwajalein-Guam-Halim Perdana Jakarta," kata Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI A Gustaf Brugman.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2272 seconds (0.1#10.140)