3 Kapolda Termuda di Pulau Jawa yang Masih Bertugas, Nomor Terakhir Lulusan Non-Akpol

Selasa, 07 Maret 2023 - 21:29 WIB
loading...
3 Kapolda Termuda di Pulau Jawa yang Masih Bertugas, Nomor Terakhir Lulusan Non-Akpol
Terdapat sejumlah Kapolda Termuda yang saat ini masih aktif menjabat di Pulau Jawa. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Kapolda Termuda yang saat ini masih aktif menjabat di Pulau Jawa . Salah satunya adalah lulusan non-Akpol yang menjabat Kapolda Banten .

Pada status jabatannya, Kepala Kepolisian Daerah atau biasa dikenal sebagai Kapolda memimpin salah satu Polda di tanah air. Dari sekian nama yang aktif di bertugas di pulau Jawa, beberapa di antaranya tercatat menjadi yang termuda.

Baca juga : 5 Kapolda Termuda yang saat Ini Aktif Menjabat, Nomor Terakhir Masuk 50 Tahun

Berikut tiga Kapolda termuda di pulau Jawa yang masih aktif bertugas.

1. Irjen Pol Suwondo Nainggolan - Kapolda DIY

Irjen Pol Suwondo merupakan salah seorang perwira tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Saat ini, dia tercatat tengah mengemban amanat sebagai Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam riwayatnya, Suwondo lahir pada 26 April 1972. Dari sekian nama Kapolda di pulau Jawa, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1994 ini menjadi salah satu yang paling muda.

Mengacu pada tanggal kelahirannya di 26 April 1972, saat ini dia berusia sekitar 50 tahun lebih atau telah mendekati 51 tahun.

2. Irjen Pol Fadil Imran - Kapolda Metro Jaya

Sosok Irjen Pol Fadil Imran mungkin sudah cukup familiar bagi sebagian orang. Perwira tinggi Polri ini kerap terlihat dalam pemberitaan dalam statusnya sebagai Kapolda Metro Jaya.

Fadil Imran lahir di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan, pada 14 Agustus 1968. Sebelumnya, alumni Akpol 1991 ini juga telah banyak menempati posisi strategis lain selama kariernya.

Sebut saja seperti Dirtipidter Bareskrim Polri (2018), Sahlisosbud Kapolri (2019), hingga Kapolda Jawa Timur (2020). Sama seperti Suwondo Nainggolan, Fadil Imran juga menjadi salah satu Kapolda termuda yang aktif menjabat di Pulau Jawa.

Mengacu tanggal kelahirannya di 14 Agustus 1968, jenderal polisi bintang dua tersebut telah berusia sekitar 54 tahun lebih. Nantinya akan genap 55 tahun di bulan Agustus 2023.

Baca juga : Deretan Kapolda Metro Jaya Termuda Saat Menjabat, dari Widodo Budidarmo hingga Fadil Imran

3. Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho - Kapolda Banten

Berikutnya ada nama Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho. Saat ini, dia aktif menjabat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten.

Pada riwayatnya, Rudy diketahui bukan menjadi lulusan Akademi Kepolisian (Akpol). Dalam hal ini, dia adalah alumni Sekolah Perwira Polri tahun 1993. Meski demikian, faktanya dia memiliki karier moncer selama berkiprah di kepolisian.

Sebelum menjadi Kapolda Banten, Rudy pernah menjabat Dirtipideksus Bareskrim Polri (2018), Widyaiswara Utama Sespim Polri (2019), hingga Kadivkum Polri (2019).

Mengacu pada tanggal kelahirannya di 17 Maret 1968, saat ini Rudy telah berusia sekitar 54 tahun lebih.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)