Legislator PDIP Dukung Keputusan Pemindahan Lokasi Depo Pertamina Plumpang

Selasa, 07 Maret 2023 - 20:07 WIB
loading...
Legislator PDIP Dukung Keputusan Pemindahan Lokasi Depo Pertamina Plumpang
Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP Deddy Yevri Sitorus mendukung keputusan Meneg BUMN Erick Thohir yang akan memindahkan Depo Pertamina Plumpang. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Keputusan Menteri BUMN Erick Thohir yang akan merelokasi unit Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara ke area reklamasi milik PT. Pelindo dinilai tepat.

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Deddy Yevri Sitorus menyatakan menyambut baik rencana tersebut. Dia mengaku sudah mendiskusikan rencana itu dengan Menteri BUMN dan mengusulkan relokasi Depo Plumpang kepada jajaran direksi Pertamina sejak dua tahun lalu dalam rapat di DPR.

“Saya mengusulkan hal itu sejak terjadinya insiden kebakaran di kilang Indramayu pada Maret 2021 yang lalu. Dari berbagai rapat itu saya mendapat data tentang kondisi kerentanan kilang dan TBBM milik Pertamina di berbagai daerah. Jadi Plumpang itu hanya salah satu lokasi dan memang yang paling rentan dibanding lokasi lainnya. Depo raksasa milik Pertamina itu dikepung oleh permukiman ilegal yang justru sangat membahayakan keselamatan rakyat,” kata Deddy, Selasa (7/3/2023).



Menurut Deddy, Pertamina sebenarnya memiliki standar prosedur yang mengatur keberadaan kilang dan TBBM miliknya. Tetapi kemudian banyak orang yang menduduki lahan milik Pertamina tersebut tanpa memperdulikan kerentanan atau risiko yang mereka hadapi. Hingga akhirnya terjadi insiden besar yang menyebabkan korban jiwa serta harta benda bagi masyarakat itu sendiri.



Berdasarkan data yang dimilkinya, Deddy mengatakan, lahan di kawasan itu dibeli Pertamina pada 1971 seluas 153,4 hektare dan terbagi di 5 lokasi. Tetapi kondisi saat ini, Pertamina hanya menguasai area seluas 71,9 hektare dan sisanya seluas 81,6 hekare diduduki oleh masyarakat secara ilegal.

“Permukiman warga yang saat ini mengepung instalasi dengan kerentanan tinggi itulah yang kemudian menyebabkan bencana saat terjadi insiden beberapa waktu lalu,” ujar politikus muda PDIP asal Pematang Siantar itu.

Jika akhirnya Pertamina diperintahkan untuk merelokasi TBBM milik mereka, menurut Deddy, itu adalah hal yang baik. Tetapi membangun tangki-tangki raksasa di lokasi baru membutuhkan waktu yang panjang, bisa 5-6 tahun hingga akhirnya bisa pindah total. Dalam rentang waktu itu, bukan tidak mungkin terjadi insiden lagi.

Oleh karena itu, Deddy menyarankan agar lokasi-lokasi yang berada dalam area buffer zone ditertibkan untuk mencegah risiko terjadinya hal serupa di masa depan. “Penertiban di wilayah itu juga diperlukan sebagai upaya penegakan hukum, sebab warga menempati wilayah yang secara hukum merupakan aset negara dalam hal ini Pertamina,” kata Deddy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2662 seconds (0.1#10.140)