Ini 3 Metode Tim DVI RS Polri Identifikasi Korban Kebakaran Depo Pertamina

Sabtu, 04 Maret 2023 - 20:03 WIB
loading...
Ini 3 Metode Tim DVI RS Polri Identifikasi Korban Kebakaran Depo Pertamina
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Tim DVI RS Polri gunakan tiga metode untuk mengungkap identitas korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tim Disaster Victim Identification (DVI) di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur menggunakan tiga metode untuk mengidentifikasi jenazah korban kebakaran Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara. Metode tersebut sangat efektif dalam mengungkap identitas korban.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan, metode pertama menggunakan tes Deoxyribo Nucleic Acid (DNA). "Pertama, penelitian dengan menggunakan DNA. Ini butuh laboratorium DNA," ujarnya di RS Polri, Sabtu (4/4/2023).

Saat ini, Labfor Polri sudah mengirim sampel DNA dari pihak keluarga. Jumlahnya ada sebanyak 10 sampel. "Ini masih diproses oleh tim DVI Polri," ucapnya.



Metode kedua adalah ontologi, yaitu mengidentifikasi melalui gigi. Sementara metode ketiga ialah menggunakan sidik jari dan teridentifikasi dua orang yang saat ini diproses. "Ketiga kita melakukan identifikasi menggunakan sidik jari," ungkap Dedi.



Diketahui, hingga Sabtu sore, 4 Maret 2023 RS Polri menerima 15 kantong jenazah korban kebakaran Depo Pertamina. Dari jumlah tersebut, sebanyak 9 jenazah laki-laki, 5 perempuan dan 1 body part atau bagian tubuh.

Dari jumlah tersebut, 2 jenazah sudah diidentifikasi, yakni pertama, Fahrul Hidayatullah, 28 tahun, dengan alamat Rawa Badak Selatan, Koja. Fahrul teridentifikasi dari sidik jari tengah kanan. Kedua, atas nama Muhammad Bukhori, 41 tahun, terindentifikasi dari sidik jari jempol kanan. Dia adalah warga Rawa Badak Selatan, Koja.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)