Direktur Pengelolaan Gedung IKN Raih Gelar Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan

Sabtu, 04 Maret 2023 - 12:50 WIB
loading...
Direktur Pengelolaan Gedung IKN Raih Gelar Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan
Direktur Pengelolaan Gedung, Kawasan, dan Perkotaan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Desiderius Viby Indarayana resmi menyandang gelar Doktor dari FTSL ITB. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Direktur Pengelolaan Gedung, Kawasan, dan Perkotaan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Desiderius Viby Indarayana resmi menyandang gelar Doktor dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) Institut Teknologi Bandung (ITB) .

Ia berhasil meraih gelar Doktor setelah berhasil mempertahankan disertasi berjudul "Model Hubungan Kematangan Kepemimpinan Dengan Kinerja Keselamatan: Dalam Hubungan Manajemen Keselamatan Kerja Konstruksi Pada Proyek Pemerintah di Indonesia", dalam sidang terbuka promosi Doktor di Gedung CIBE FTSL ITB, Jumat (3/3/2023).



Dalam sidang terbuka Doktor ini, Viby diuji oleh 3 pembimbing dan 4 penguji dari ITB, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Universitas Diponegoro (Undip). Viby pun berhasil melewati ujian Doktor tersebut dengan nilai sempurna dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Di akhir sidang, Pembimbing sekaligus Guru Besar ITB, Krishna S Pribadi berharap penelitian ini dapat dikembangkan lagi pada berbagai tingkat manajemen proyek, tak hanya terbatas pada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) saja.

"Sehingga dapat memperkaya penelitian kepemimpinan K3 di Indonesia," ujar Khrisna.

Selain itu, Krishna meminta Viby yang juga merupakan salah satu Tokoh K3 Nasional, Dosen Teknik Sipil Tanri Abeng University (TAU), dan Ketum Gabungan Tenaga Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia (GATAKI) ini dapat berkontribusi bagi keberlanjutan ilmu K3 di Indonesia.

"Khususnya pada implementasinya dalam pembangunan serta pengelolaan Gedung, Kawasan dan Perkotaan Otorita IKN," tutur Khrisna mengakhiri penyampaiannya.

Usai sidang Doktor tersebut, Manager Track and Bridge Engineering Maintenance PT Kereta Api Indonesia (Persero) Dicky Arisikam memuji Viby yang berhasil mempertahankan disertasinya dengan nilai sempurna. Bahkan, Viby menjadi lulusan tercepat Fakultas Teknik dan Lingkungan ITB sepanjang sejarah berdirinya ITB yaitu 3,5 tahun atau 7 semester untuk program S3.

Menurut Dicky, hasil penelitian ini dapat diterapkan di semua sektor pelaksanaan konstruksi. Harapannya, dapat menurunkan angka kecelakaan kerja di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)