Airlangga Hartarto Komitmen Sejahterakan Masyarakat Papua

Minggu, 26 Februari 2023 - 23:51 WIB
loading...
Airlangga Hartarto Komitmen Sejahterakan Masyarakat Papua
Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto berkomitmen menciptakan kesejahteraan untuk masyarakat Papua.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto berkomitmen menciptakan kesejahteraan untuk masyarakat Papua. Airlangga memerintahkan seluruh kepala daerah yang berasal dari Golkar di Tanah Papua , untuk totalitas membangun dan menyejahterakan masyarakat Papua.

"Saya titip kepada gubernur, wali kota, bupati, yang juga sebagian dijabat kader-kader Partai Golkar. Saya minta kekayaan sumber daya alam ini diimbangi dengan kekayaan sumber daya manusia," ungkap Airlangga saat menghadiri Rakornis DPD Golkar Wilayah Papua di Timika dalam keterangannya, Minggu (26/2/2023).

Bakal calon Presiden 2024 dari Golkar ini menuturkan, partainya akan terus mendukung pengembangan sumber daya manusia di wilayah Indonesia timur. Airlangga memerintahkan Menteri Perindustrian yang juga berasal dari Golkar untuk mendirikan sekolah politeknik di seluruh wilayah Papua.

"Saya meminta kepada Pak Menteri Perindustrian (Agus Gumiwang Kartasasmita) karena kemarin saya mendorong kerja sama vokasi dan industri, maka saya ingin agar politeknik ada di setiap provinsi daerah otonomi baru Papua," tuturnya.

Menurut Airlangga, pemerintah ingin mendorong pendidikan berbasis vokasi dan politeknik di daerah otonomi baru Papua. Dia pun optimistis Papua bisa bersaing dengan dunia global.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini meyakini masyarakat Papua akan maju dan sejahtera. Sebab pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah membuktikan, pembangunan di tanah Papua sudah banyak dilakukan dan ini akan membawa dampak positif bagi kemajuan masyarakat Papua.

"Optimisme kita semua untuk Indonesia dan khususnya Tanah Papua yang lebih maju, adil, dan sejahtera," ujarnya. Baca: Airlangga Optimistis Golkar Papua Raih 8 Kursi DPR dan 299 di DPRD

Airlangga menjelaskan, progres kemajuan masyarakat Papua dan wilayah Indonesia Timur lainnya sudah terlihat dari ekonomi Maluku dan Papua yang melebihi pertumbuhan nasional.

"Untuk pertama kalinya pertumbuhan di wilayah Maluku-Papua jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional. Papua dan Maluku pertumbuhannya di tahun 2022, (sebesar) 8,65% sedangkan pertumbuhan nasional adalah 5,3%," jelasnya.

Airlangga menambahkan pemerintah saat ini sedang berupaya untuk memeratakan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia. Sebab pembangunan di wilayah timur dan barat menjadi penting sebagai basis pembangunan yang merata.

"Ketiga, tentu tersedianya lapangan kerja. Bupati, wali kota, gubernur, saya berharap untuk investasi. Beberapa wilayah terus membangun, agar ekonomi kita tidak 100 persen tergantung kepada hasil tambang. Kita perlu carikan kegiatan ekonomi yang melibatkan masyarakat," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)