2 Jenazah Korban Gempa Turki Dipulangkan ke Indonesia Bersama 85 WNI

Selasa, 21 Februari 2023 - 17:39 WIB
loading...
2 Jenazah Korban Gempa Turki Dipulangkan ke Indonesia Bersama 85 WNI
Dua jenazah dan 85 WNI korban gempa Turki, akan dipulangkan ke Indonesia. Informasi ini disampaikan oleh Dubes Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal. Foto/Bencana gempa Turki/REUTERS
A A A
JAKARTA - Dua jenazah dan 85 warga negara Indonesia (WNI) korban gempa Turki , akan dipulangkan ke Indonesia nanti malam. Informasi ini disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki , Lalu Muhamad Iqbal.

"Betul ada 85 WNI yang akan kita pulang kan nanti malam. Nanti malam akan terbang yang dievakuasi yang tahap pertama dulu, dua jenazah kita pulangkan di pesawat yang sama," ujar Iqbal saat dihubungi MNC Portal, Selasa (21/2/2023).

Mereka akan dipulangkan menggunakan Pesawat Garuda yang sebelumnya datang ke Turki membawa bantuan kemanusiaan.

"Iya Pesawat Garuda, karena pesawat nya ke sini datang bawa kargo bantuan kemanusiaan. Pulangnya kosong jadi kita tumpangkan di sana sekalian," ujarnya.

Baca juga: KBRI Ankara Laporkan 2 WNI Meninggal Dunia Korban Gempa Turki

Iqbal mengatakan, dari 85 WNI yang akan dipulangkan ada satu WNI yang mengalami luka parah. Diketahui, satu WNI itu tidak mempunyai asuransi di Turki, sehingga dipulangkan untuk membutuhkan perawatan lebih lanjut.

"Itu ada 85 WNI termasuk ada yang luka satu orang, kita pulangkan dengan Stretcher Seat di dalam keadaan luka. Jadi masih belum sembuh tapi oleh dokter boleh diizinkan terbang kita pulangkan supaya melanjutkan perawatan di Indonesia," katanya.

Selain itu, dia menyampaikan jumlah terkini WNI korban gempa Turki pada 6 Februari 2023 lalu. Iqbal mengatakan, ada sebanyak empat WNI meninggal dunia dan 10 WNI mengalami luka berat.

"Terdampak sekitar 500-an orang, 128 orang kita sudah evakuasi ke Ankara. Sisanya ada yang luka 10 orang sudah sembuh dan empat meninggal dunia," ujar dia.

Iqbal mengatakan dua WNI yang meninggal dunia akan dipulangkan bersama 85 WNI lainnya. Sementara dua WNI lainnya yang meninggal dunia telah dikebumikan di Turki. "Dua jenazah kita pulangkan di pesawat yang sama. Dua telah dikebumikan," tuturnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)