Zainudin Amali Boleh Urus PSSI, Golkar Tunggu Keputusan Akhir Jokowi soal Kursi Menpora

Senin, 20 Februari 2023 - 15:20 WIB
loading...
Zainudin Amali Boleh Urus PSSI, Golkar Tunggu Keputusan Akhir Jokowi soal Kursi Menpora
Partai Golkar mengaku masih menunggu keputusan akhir Presiden Jokowi soal kursi menpora setelah Zainudin Amali menjadi waketum PSSI.Foto/setkab
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku diizinkan Presiden Jokowi fokus mengurus PSSI. Ini disampaikan Jokowi menemui Jokowi di Istana Negara hari ini, setelah dia terpilih sebagai salah wakil ketua umum PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB), 16 Februari 2023 lalu. Hanya, politikus Partai Golkar itubelum tegas mundur atau tidak.

Juru Bicara (Jubir) Partai Golkar Tantowi Yahya mengatakan, adalah hak prerogatif presiden untuk menetapkan atau memberhentikan seseorang menteri, termasuk Zainudin Amali sebagai menpora.

“Nah Pak Zainudin salah seorang yang dipilih oleh Pak Presiden untuk menjadi menteri, artinya untuk dunia pemuda dan olahraga beliau adalah representasi dari presiden, kan begitu?” kata Tantowi kepada wartawan, Senin (20/2/2023).



Tantowi mengklaim Presiden Jokowi telah membuat pernyataan bahwa Erick Thohir dan Zainudin Amali tidak perlu mundur dari jabatan menteri. “Presiden kan sudah memberikan pernyataan seperti itu. Tapi terjadi dinamika di masyarakat, banyak yang mempertanyakan, pertama soal keefektifan, kedua soal wewenang yang saling beririsan gitu,” ujarnya.

“Dalam kondisi seperti itu Pak Amali membuat statement bahwa dia siap mundur dari posisi menteri karena lebih memilih jabatan sebagai wakil ketua umum yang menurut dia perlu perhatian dan perlu konsentrasi,” sambung Tantowi.

Dari dua pernyataan yang disampaikan, kata mantan Dubes RI untuk Selandia Baru ini, bisa ditarik kesimpulan sementara bahwa di satu sisi Presiden Jokowi tidak berkeberatan. Di sisi lain Zainudin memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menpora. Karena itu, Golkar menunggu keputusan akhir dari Presiden Jokowi



“Kita lihatlah nanti keputusan presiden seperti apa kalau nggak salah bakal ada pertemuan itu (bahas posisi Zainudin Amali),” tandas Tantowi.

Sebelumnya, Zainudin mengaku telah melapor kepada Jokowi perihal posisinya di PSI. "Saya secara pribadi sudah melapor kepada Pak Presiden. Beliau sudah mengetahui tentang saya terpilih sebagai salah satu wakil ketua umum PSSI dan menyerahkan kepada saya," kata Zainudin di Kantor Presiden, Senin (20/2/2023).

Saat didesak apakah akan mengundurkan diri, Zainudin mengelak menjawab langsung. "Udah jangan dijelasin panjang-panjang lagi itu. Jadi, beliau (presiden) sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola mendampingi Pak Erick Thohir Bu Ratu Tisha dan teman-teman Exco," kata Zainudin.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)