Dosen UII Hilang Kontak di Norwegia, Kemlu: Kita Terus Bergerak Mencari Informasi

Senin, 20 Februari 2023 - 04:10 WIB
loading...
Dosen UII Hilang Kontak di Norwegia, Kemlu: Kita Terus Bergerak Mencari Informasi
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) masih terus bergerak mencari informasi keberadaan dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama. Foto: Dok UII
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) masih terus bergerak mencari informasi keberadaan dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama.

Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu dilaporkan hilang kontak setelah berkomunikasi terakhir dengan istrinya pada Minggu 12 Februari 2023 siang.
Ahmad Munasir saat itu menghadiri aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN), Norwegia.

"Kemlu dan Perwakilan RI di tempat-tempat terkait, telah bergerak mencari informasi ke berbagai otoritas setempat," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha saat dihubungi, Minggu (19/2/2023).


Judha enggan membeberkan informasi yang diperoleh Kemlu. Untuk menghormati privasi dan atas permintaan keluarga, seluruh informasi yang didapat Kemlu hanya akan disampaikan kepada pihak keluarga maupun Rektor UII.

"Informasi hanya disampaikan kepada pihak keluarga melalui Rektor UII. Kemlu dan Perwakilan RI siap memberikan bantuan lebih lanjut jika diperlukan pihak keluarga dan UII," tandasnya.

Rektor UII Fathul Wahid sebelumnya menyebutkan keberadaan Ahmad Munasir terdeteksi masuk Amerika Serikat melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023. Temuan ini didasarkan pada data dari United States Customs and Border Protection (US CBP) yang diterima Kemlu RI.



Kendati demikian, Fathul mengaku keberadaan Ahmad Munasir di Boston masih belum diketahui secara pasti. Ia juga mengaku tidak tahu alasan Ahmad Munasir pergi ke Boston.

"UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa AMRP menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul, dan tidak langsung ke Indonesia. Sampai saat ini, AMRP belum bisa dihubungi," tutur Fathul.

Ahmad Munasir melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia pada 4 Februari 2023 dalam rangka tugas kampus untuk mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) Norwegia.

Munasir seharusnya kembali 12 Februari melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis 16 Februari 2023 pukul 18.00 WIB.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)