Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat, Kapolri Kerahkan Tim Gabungan

Minggu, 19 Februari 2023 - 21:29 WIB
loading...
Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat, Kapolri Kerahkan Tim Gabungan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Media Center Stadion GBK, Jakarta, Minggu (19/2/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengerahkan tim gabungan untuk mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono beserta rombongan yang mendarat darurat di Bukit Tamia, Kabupaten Kerinci. Adapun helikopter yang ditumpangi Rusdi Hartono beserta rombongan jenis Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-3001.

Helikopter itu berangkat dari bandara Sultan Thaha Jambi dengan tujuan Bandara Depati Parbo, Kerinci. "Saat ini kita telah mengirimkan tim melakukan evakuasi terdiri dari 2 helikopter yang kita berangkatkan dan tim Brimob yang memiliki kemampuan SAR, dan juga kita dibantu masyarakat ataupun para pecinta alam yang kebetulan mengetahui dan membantu kita untuk menuju ke titik yang kita lakukan evakuasi," kata Sigit di Media Center Stadion GBK, Jakarta, Minggu (19/2/2023).

Dia mengatakan, proses evakuasi membutuhkan waktu lantaran medan lokasi mendaratnya helikopter yang di wilayah perbukitan. Maka itu, skema evakuasi nantinya ada dua pilihan, yakni melalui udara maupun darat.





Jika nantinya medan lokasi evakuasi bisa mengevakuasi dengan helikopter maka akan dilakukan. Namun apabila harus dilakukan evakuasi jalur darat juga akan disesuaikan.

"Jika helikopter nantinya melakukan pengangkatan kita lakukan evakuasi ke RS terdekat," kata Sigit.

Dia mengungkapkan, informasi awal helikopter yang membawa Kapolda Jambi dan rombongan terpaksa melakukan pendaratan karena mengalami gangguan cuaca buruk. Namun hal tersebut nantinya akan diinvestigasi usai proses evakuasi dilaksanakan.

"Dari Jambi ke Kerinci jaraknya jauh sehingga harus gunakan helikopter. Namun karena cuaca buruk dan kabut mau tak mau ada kondisi terpaksa mendarat darurat. Tempatnya ada di suatu ketinggian sehingga butuh waktu evakuasi. Mohon doanya evakuasi bisa cepat," kata mantan Kabareskrim Polri ini.

Adapun mengenai kondisi Kapolda Jambi dan rombongan, Sigit menjelaskan bahwa dalam kondisi selamat, meskipun ada beberapa orang yang mengalami luka-luka. "Alhamdulilah saat ini kita sudah dapat info dari penumpang berjumlah 8 orang terdiri dari Kapolda, Direktur, staf dan 3 kru semuanya dalam kondisi selamat walaupun ada beberapa orang yang terluka," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)