KSAL: Angkatan Laut Indonesia-Malaysia Berperan Penting Menjaga Keamanan Selat Malaka

Sabtu, 18 Februari 2023 - 09:23 WIB
loading...
KSAL: Angkatan Laut Indonesia-Malaysia Berperan Penting Menjaga Keamanan Selat Malaka
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menyebut peran penting Angkatan Laut Indonesia dan Malaysia menjaga keamanan di Selat Malaka. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL ) Laksamana TNI Muhammad Ali menyebut peran penting Angkatan Laut Indonesia dan Malaysia menjaga stabilitas keamanan di kawasan terutama di Selat Malaka.

Hal tersebut diungkap Ali saat kunjungan kehormatan ke Panglima Angkatan Tentera Malaysia, Jenderal Tan Sri Effendi Buang TUDM dan Panglima Tentera Laut Malaysia Laksamana Datuk Abdul Rahman Bin Ayob di Wisma Pertahanan, Kuala Lumpur, Malaysia. Jumat, 17 Februari 2023.

Seperti diketahui Selat Malaka terletak di antara dua negara yaitu Malaysia dan Indonesia. Selat ini merupakan salah satu wilayah paling strategis sebagai salah satu jalur perdagangan internasional terpenting di dunia yang memiliki lalu lintas sangat padat. "Sehingga guna menjaga keamanan dan stabilitas di jalur tersebut, dituntut kehadiran Angkatan Laut kedua negara untuk turut menjaminnya," kata Ali.



Ali mengatakan, salah satu bukti kehadiran kedua angkatan laut tersebut adalah memberikan rasa aman dari gangguan tindakan kriminal dan kejahatan lainnya yang mungkin terjadi di kawasan tersebut.



Selain membicarakan kerja sama keamanan di Selat Malaka, kunjungan tersebut juga sebagai wadah pertemuan dan diskusi terkait kerja sama bilateral yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan antara TNI AL dengan Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM).

Kedua pimpinan tertinggi Angkatan Laut ini juga membahas tentang peluang peningkatan kerja sama lainnya seperti kerja sama di bidang operasi-latihan, pendidikan dan juga pertukaran informasi maritim.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2247 seconds (0.1#10.140)