Termasuk Salah Satu Tokoh Perancang Awal KUHP, Peran Prof Sudarto Diapresiasi

Selasa, 14 Februari 2023 - 23:03 WIB
loading...
Termasuk Salah Satu Tokoh Perancang Awal KUHP, Peran Prof Sudarto Diapresiasi
Acara memperingati 100 tahun Alm Prof Sudarto SH. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Peran Prof Sudarto dinilai cukup memberikan pengaruh terhadap dibentuknya Kitab Undang Undang Hukum Pidana ( KUHP ) di Indonesia. Pasalnya, dia merupakan salah satu tokoh perancang awal KUHP, yang telah disahkan menjadi UU di Rapat Paripurna DPR akhir tahun 2022 lalu.

Kontribusi Sudarto ini diakui oleh Gubernur Lemhannas, Budi Susilo Soepandji. Dirinya telah banyak belajar dari sosok Sudarto yang pernah menjabat sebagai Rektor Undip periode 1978-1986 ini.

"Perjuangannya dalam merancang KUHP yang baru sangat luar biasa. Selama puluhan tahun rancangan tersebut baru diresmikan oleh DPR di akhir tahun lalu," ujar Budi dalam keterangannya, Selasa (14/2/2023)

Selain itu dalam kehidupan sehari-hari, Sudarto disebutnya sangat tegas dalam memberikan arahan. Namun sekaligus juga bertoleransi dan sedia membantu bila ada kendala.

"Jiwanya tegas namun punya toleransi tinggi yang berlandaskan nilai Ketuhanan dan kasih sayang. Beliau bersikap ringkas dan tidak bertele-tele, karena menghargai waktu," tutupnya.

Baca juga: KUHP Disahkan, TII Sebut Pelegalan Pembungkaman Kritik

Sementara Rektor Universitas Diponegoro (Undip), Yos Johan Utama mengungkapkan, bila dirinya mengenal Sudarto sebagai pendidik yang hebat. Bahkan dia mengenal Prof Sudarto sejak masih duduk di bangku kuliah.

"Pendidik yang hebat dan perancang KUHP yang baru diresmikan DPR. Saya kenal beliau sejak saya jadi mahasiswa Undip," kata Yos Johan.

Dia menambahkan, ada banyak jasa yang telah ditorehkan dari pendiri Undip tersebut. Mulai dari level Undip hingga nasional.

"Berkat beliau, Undip bisa berkiprah di kancah nasional dan internasional. Seluruh keluarga besar Undip mendoakan semua amal ibadah beliau jadi amal jariyah. Karena ada begitu banyak ilmunya yang bermanfaat," tutupnya.

Untuk diketahui, pada Sabtu 11 Februari 2023, sebuah acara sederhana digelar untuk meneladani jasa tokoh bangsa tersebut. Berlangsung di Hotel Tentrem, Semarang, berbagai pihak hadir untuk memperingati 100 tahun Alm Prof Sudarto SH.

Di antaranya mantan Jaksa Agung Hendarman Soepandji, Kepala LKPP RI Hendrar Prihadi, Satya Arinanto staf khusus Wakil Presiden RI bidang Hukum sekaligus Ketua Dewan Guru Besar FHUI, Budhi Wisaksono ahli pidana dan kriminologi Undip sekaligus putra Prof Sudarto, Harrina Rahardjo Guru Besar FKUI.

Kemudian Supari Rektor USM, perwakilan Ikatan Alumni PPRA LXIV Lemhannas, Dwi Cahyo Nugroho Direktur Microsoft Indonesia yang sekaligus suami dari cucu Prof Sudarto, anggota pembina Yayasan Alumni Undip Soeharsojo serta perwakilan Akpelni Semarang.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2738 seconds (0.1#10.140)