Anies Beberkan 5 Kriteria Calon Pasangannya di Pilpres 2024

Selasa, 14 Februari 2023 - 16:47 WIB
loading...
Anies Beberkan 5 Kriteria Calon Pasangannya di Pilpres 2024
Anies Baswedan memberikan keterangan kepada wartawan saat menghadiri Rakernas Partai Ummat di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Selasa (14/2/2023). FOTO/MPI/WIDYA MICHELLA
A A A
JAKARTA - Anies Baswedan membeberkan kriteria calon pasangan di Pilpres 2024. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu hingga saat ini telah didukung oleh 3 partai politik, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurut Anies, saat ini dirinya bersama Koalisi Perubahan yang sedang dirintis tiga parpol tersebut, masih dalam tahap memastikan persyaratan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold 20% terpenuhi. Sebab tanpa modal itu, maka tidak akan maju dalam kontestasi Pilpres.

"Sebenarnya kami dalam fase memastikan bahwa persyaratan itu terpenuhi, karena tanpa persyaratan 20% terpenuhi saya rasa siapa pun juga akan berpikir 2-3 kali untuk ikut dalam pasangan. Karena belum ada, tapi insyaAllah belum lama akan tuntas," kata Anies kepada wartawan saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Ummat di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Selasa (14/2/2023). Rakernas ini berlangsung selama tiga hari, 13-15 Februari 2023.



Dalam kesempatan itu, Anies mengungkapkan lima kriteria cawapres yang diinginkannya. Pertama, teknokrat dengan arah dan kerja yang berkontribusi signifikan pada pemenangan Pilpres 2024. Kedua, sosoknya bisa memperkuat barisan Koalisi Perubahan.

Ketiga, sosok yang dapat membantu menjalankan pemerintahan dengan efektif. Keempat, memiliki garis perubahan yang sama-sama menawarkan perubahan. Kelima, memiliki chemistry dan kerja bersama yang solid.

"Jadi lima ini, dan kita belum tahu, dan saya juga belum tahu bagaimana nantinya, tapi doakan bisa berjalan dengan baik tentu akan mendengar semua dan harapan dari Pak Ketum," kata Anies.

Hingga saat ini setidaknya sudah ada tiga parpol yang menyatakan mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Masing-masing Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS. Gabungan ketiganya telah memenuhi syarat presidential threshold sebagaimana diatur dalam UU Pemilu.

Baca juga: Anies Baswedan Hadiri Rakernas Partai Ummat, Diteriaki Presiden

Berdasarkan hasil Pemilu 2019, Partai Nasdem mendapatkan 59 kursi atau setara 10,2% dari total 575 kursi DPR. Kemudian Partai Demokrat memiliki 54 kursi atau setara 9,3%, sedangkan PKS mempunyai 50 kursi atau 8,6%. Jika digabung kursi ketiga parpol, maka totalnya mencapai 28,1%, jauh melebihi presidential threshold 20%.

"Sebagaimana ditunjukkan dalam tim kecil koalisi partai-partai pendukung ARB, PKS konsisten menjadi bagian dari koalisi partai-partai pengusung ARB di Pilpres 2024 tersebut sehingga koalisi ini memenuhi PT 20%," kata Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman dalam deklarasi dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Capres 2024 di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (30/1/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)