Dankodiklat TNI yang Pernah Jadi Danjen Kopassus, No 2 Eks Perisai Hidup Presiden

Senin, 13 Februari 2023 - 06:05 WIB
loading...
Dankodiklat TNI yang Pernah Jadi Danjen Kopassus, No 2 Eks Perisai Hidup Presiden
Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI Madsuni (kiri) dan Letjen TNI Eko Margiyono (kanan). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dankodiklat TNI merupakan jabatan strategis yang diemban perwira tinggi (Pati) TNI. Saat ini, Dankodiklat TNI dijabat oleh Pati TNI bintang tiga yakni, Letjen TNI Eko Margiyono.

Dikutip dari laman resmi Kodiklat TNI yakni www.kodilat-tni.mil.id Letjen TNI Eko Margiyono resmi menjabat sebagai Dankodiklat TNI menggantikan Letjen TNI Bambang Ismawan. Upacara sertijab yang berlangsung di di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu 1 Februari 2023 ini berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023 tanggal 16 Januari 2023.

Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Pelatihan (Kodiklat) TNI bertugas untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) TNI agar mampu menghadapi berbagai bentuk tantangan dan kemajuan perkembangan lingkungan strategis, baik yang bersifat nasional, regional, maupun global yang semakin kompleks dan semakin sulit diprediksi.



Selain itu, tugas dan fungsi Kodiklat TNI adalah menyelenggarakan pembinaan doktrin, pendidikan pertama integratif, dan pendidikan pengembangan spesialisasi serta latihan gabungan, latihan bersama dan latihan kesiapsiagaan operasional yang diselenggarakan oleh Mabes TNI dan Kotama jajaran TNI.

Pembentukan kesatuan baru ini sesuai dengan amanat dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, terutama menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2010 tentang susunan organisasi TNI yang diwujudkan dalam Peraturan Panglima TNI Nomor: Perpang/49/VII/ 2010 tanggal 8 Juli 2010.



Sejak dibentuk dan validasi organisasi, tercatat 15 Pati TNI yang menduduki jabatan sebagai Dankodiklat TNI. Dari jumlah tersebut, dua di antaranya mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus. Pasukan elite TNI AD. Siapa saja dua orang tersebut, berikut ini sosoknya.

1. Letjen TNI Madsuni

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988 dari kecabangan Kopassus ini menjabat Dankodiklat TNI selama empat bulan terhitung sejak 13 September hingga 6 Desember 2021. Madsuni menggantikan Letjen TNI Arios Tiopan Aritonang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)