Banyak Dilirik Parpol, Erick Thohir Dinilai Sosok Berintegritas

Minggu, 12 Februari 2023 - 18:09 WIB
loading...
Banyak Dilirik Parpol, Erick Thohir Dinilai Sosok Berintegritas
Erick Thohir saat peringatan harlah ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Cilegon, Banten. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi sosok yang banyak diinginkan partai politik (parpol) untuk diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024. Erick dinilai memiliki integritas tinggi.

Pengamat politik Igor Dirgantara mengatakan, Erick Thohir terus mendapat dukungan maju sebagai cawapres karena karakternya disukai masyarakat. Menurutnya, Erick memiliki integritas tinggi yang ditunjukkan selama tiga tahun memimpin Kementerian BUMN.

"Salah satu kriteria yang terbagus dari Pak Erick Thohir itu, selain integritas, dia juga punya logistik yang cukup kuat," kata Igor Dirgantara, Minggu (12/2/2023).

Baca juga: Gus Yahya: Erick Thohir Berhasil Membangun NU yang Bermartabat

Tingkat elektabilitas Erick Thohir dalam beberapa survei juga termasuk tinggi. Salah satunya hasil temuan lembaga survei Indikator Politik Indonesia pada priode 1-6 Desember 2022, elektabilitasnya sebagai cawapres tertinggi dengan 19,6%.

Karena itu, sosok Menteri BUMN itu banyak dilirik parpol. Sebab, sosok Erick Thohir akan memberi dampak terhadap parpol yang mengusungnya.

"Ya, kalau PPP dan PAN pasti kepinginlah dengan Erick Thohir," kata Igor.

Ketertarikan terhadap sosok Erick Thohir pernah disampaikan Wakil Ketua Umum DPP PPP Arsul Sani kepada wartawan, Senin (6/2/2023). "Kalau di PPP paling ramai Erick Thohir. Bisa capres, cawapres," katanya.

Menurutnya, sosok Erick Thohir sangat diinginkan oleh internal PPP agar diusung pada Pilpres 2024. Karena itu, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini akan diusulkan menjadi salah satu pemimpin yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) oleh PPP.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto. Ia mengakui banyak kader PAN yang menginginkan sosok seperti Menteri BUMN Erick Thohir maju sebagai cawapres pada Pilpres 2024. Hal ini sesuai hasil rapat kerja nasional (rakernas) pada Agustus 2022, nama Erick Thohir menjadi figur yang mendapat banyak dukungan suara dari kader PAN.

"Kalau PAN tetap mengacu ke hasil rakernas. Di situ ada Ganjar (Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo), ada Erick, yang menguat di internal partai," kata Yandri dikutip Selasa (7/2/2023).

Menurutnya, saat ini internal PAN semakin kuat mengusung Erick Thohir sebagai cawapres. Meski tidak menutup kemungkinan capres diisi oleh figur potensial lainnya. "Kalau dilihat secara mayoritas dan kecenderungan itu Ganjar sama Erick," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)