Irman Gusman Kembali Terjun ke Politik, Tokoh Sumbar Bicara Peluangnya

Kamis, 09 Februari 2023 - 18:51 WIB
loading...
Irman Gusman Kembali Terjun ke Politik, Tokoh Sumbar Bicara Peluangnya
Mantan Ketua DPD periode 2009-2016 Irman Gusman dalam acara peringatan Kebangkitan Nasional dan Peluncuran Buku di Jakarta, Kamis (20/5/2021). FOTO/SINDOnews/YULIANTO
A A A
JAKARTA - Politikus senior Irman Gusman kembali terjun ke dunia politik pada Pemilu 2024. Ia mendaftar sebagai calon anggota Anggota DPD dan telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi bersama 20 calon lain oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat.

Irman Gusman yang pernah menjabat sebagai Ketua DPD periode 2009-2016 dinilai memiliki peluang besar untuk kembali duduk di kursi senator. Ketokohannya dinilai masih cukup kuat di Sumbar.

"Saya melihat sosok Irman Gusman melekat di hati rakyat dan kehadirannya akan memberi harapan baru, sehingga peluang untuk terpilih tetap ada," kata pakar politik dari Universitas Andalas Prof Asrinaldi, Kamis (9/2/2023).

Baca juga: Cerita Irman Gusman Perjuangkan DPD RI

Asrinaldi melihat ketokohan Irman Gusman di Sumbar sangat melekat meski dalam 6 tahun terakhir vakum berpolitik. Ia juga masih aktif dalam kegiatan adat kebudayaan Sumbar. Selain itu, Asrinaldi menilai Irman Gusman juga memiliki jaringan internasional yang kuat.

"Terbukti Irman mendapat kesempatan menjadi tamu Indonesia pertama dan mendapat undangan khusus dari Anwar Ibrahim untuk diterima di rumah Anwar saat terpilih menjadi PM Malaysia," katanya.

Wakil Ketua PW Muhammadyah Sumbar Marhadi Effendi menuturkan, pihaknya akan mendukung kader yang maju sebagai perwakilan DPD pada Pemilu 2024. Saat ini kader Muhammadiyah yang sudah lolos verifikasi administratif adalah Irman Gusman.

"Kita akan sosialisasikan ke seluruh pimpinan daerah Muhammadiyah dan Aisyiah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, sampai ke garis bawah," katanya.

Basis Muhammadiyah di Sumatera Barat, kata Marhadi, sangat kuat. Muhammadiyah memiliki ratusan ribu anggota. "Per kecamatan itu ribuan. Malah ada yang di internal itu kita istilahlah kabupaten Muhammadiyah," katanya.

Menurut Marhadi, Irman Gusman sudah lama melanglang buana di kancah politik. Ia telah banyak berperan dan partisipasi untuk Muhammadiyah Sumbar.

Sementara, tokoh Sumatera Barat, Hasril Chaniago mengatakan, langkah Irman Gusman mencalonkan diri menjadi anggota DPD di Pemilu 2024, bukan hanya kemauan pribadi. Namun karena masyarakat dan tokoh Sumbar juga yang menginginkan.

"Peluang lolos menjadi anggota DPD sangat besar. Karena Pak Irman lebih banyak memberi kepada masyarakat Sumbar dibanding meminta," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)