HPN 2023, Sahroni Tegaskan Pers Pembela Kebenaran Bukan Ketenaran

Kamis, 09 Februari 2023 - 18:35 WIB
loading...
HPN 2023, Sahroni Tegaskan Pers Pembela Kebenaran Bukan Ketenaran
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menilai bahwa media saat ini sudah menjadi pintu utama bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menilai bahwa media saat ini sudah menjadi pintu utama bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi. Maka dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 , Sahroni mengingatkan pers harus menjadi penyalur informasi yang bisa dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Politikus Partai Nasdem ini berharap pers dapat menjadi agen yang mampu mencerdaskan masyarakat melalui informasi-informasi yang berkualitas. Bukan berita yang kontroversial dan viral yang kurang baik bagi pendidikan masyarakat.

“Di Hari Pers Nasional ini, saya ingin pers selalu menjadi pembela kebenaran, bukan pembela ketenaran. Jadi jangan asal tenar lalu langsung dibesar-besarkan oleh media, verifikasi dulu, pastikan informasinya benar atau tidak. Karena kalau yang kontroversial negatif selalu diviralkan, apalagi tanpa melalui proses verifikasi, lama-lama ini nanti akan menjadi kebiasaan yang buruk. Kurang bagus juga untuk aspek pendidikan masyarakat,” ujar Sahroni kepada wartawan, Kamis (9/2/2023).



Legislator asal DKI Jakarta ini pun memberikan contoh sejumlah selebritis di Tanah Air yang sering menjadi sorotan pemberitaan, padahal selebritis itu sering berbicara secara sembarangan tapi dijadikan seperti pahlawan.

“Seperti misal ada seleb yang selalu hate speech, ngomong seenaknya, tapi karena diberitakan terus-menerus orang tersebut jadi nampak seperti ‘pahlawan’,” tuturnya.

Oleh karena itu, Sahroni mengingatkan bahwa media seharusnya lebih banyak mendorong putra-putri bangsa yang memiliki kapasitas dan prestasi. Bahkan sebagai contoh, dirinya menyebut keberhasilan Presiden Jokowi saat ini pun tidak lepas dari peran penting media.

“Media itu benar-benar memiliki peran strategis sebagai penyalur informasi kepada masyarakat luas. Orang-orang baik dan bukan siapa-siapa seperti Presiden Jokowi, bisa seperti sekarang karena peran media. Nah saya ingin media kita harus bisa ulang keberhasilan ini,” pungkas Sahroni.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)