Wapres Tegaskan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi Rumah Kaca Tak Akan Surut

Rabu, 08 Februari 2023 - 15:08 WIB
loading...
Wapres Tegaskan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi Rumah Kaca Tak Akan Surut
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca lewat transisi energi ke gas bumi tak pernah surut. Foto/Setneg
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca lewat transisi energi ke gas bumi tak pernah surut. Upaya untuk meningkatkan penggunaan energi rendah emisi terus dilakukan.

“Komitmen Indonesia untuk turut mengurangi emisi gas rumah kaca global tidak akan surut. Kita terus menempuh upaya-upaya nyata melalui pelaksanaan transisi energi, dengan meningkatkan penggunaan energi rendah emisi dan energi terbarukan,” kata Wapres saat meresmikan proyek strategis nasional (PSN) Jambaran Tiung Biru (JBT) dan proyek lapangan gas MDA dan MBH di Sheraton Surabaya, Jawa Timur, Rabu (8/2/2023).

Wapres menjelaskan Indonesia membuktikan komitmen tersebut dengan peningkatan target penurunan emisi Indonesia dari 29% menjadi 31,89% pada tahun 2030 dengan kemampuan sendiri dan dari 41% menjadi 43,20% dengan dukungan internasional, serta target Net-Zero Emission pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Dalam transisi energi, lanjut Wapres, peranan migas masih dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi serta menjaga ketahanan dan kemandirian energi dengan tetap memperhatikan faktor lingkungan, sebelum energi baru terbarukan dikembangkan secara masif.

“Ingin saya sampaikan untuk meningkatkan pemanfaatan migas di era transisi energi, diantaranya realisasikan target produksi minyak bumi sebesar 1 juta barel per hari dan gas bumi 12 miliar standar kaki kubik per hari pada tahun 2030 atau lebih cepat,” tuturnya.

Untuk mencapai target tersebut, Wapres menjelaskan perlu adanya kepastian dan kemudahan perizinan agar percepatan komersialisasi dapat segera dilaksanakan. “Selain itu, cadangan-cadangan gas yang sudah ditemukan agar dipercepat proses pengembangannya, sehingga gas bisa tetap menjadi komoditas unggulan Indonesia.”

Kemudian, Wapres menegaskan perlu segera menyelesaikan desain kebijakan gas nasional yang mencakup rancangan besar terkait gas berikut kebutuhan industri secara konkret. “Kebutuhan gas untuk pupuk, pembangkit listrik, industri petrokimia, dan industri lainnya harus dapat diidentifikasi dan dicukupi untuk mendorong tumbuhnya industri di Tanah Air.” Baca juga: Wapres Optimistis Smelter Freeport di Gresik Beroperasi Mei 2024

“Penetapan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) agar memperhatikan unsur keadilan dan keseimbangan manfaat yang diterima oleh produsen gas, industri yang menggunakan gas, dan Pemerintah,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)