1 Abad NU, Nahdlatul Ulama Harus Bisa Jawab Tantangan di Masa Mendatang

Rabu, 08 Februari 2023 - 13:14 WIB
loading...
1 Abad NU, Nahdlatul Ulama Harus Bisa Jawab Tantangan di Masa Mendatang
Direktur Eksekutif Said Aqil Siroj (SAS) Institute, Sadullah Affandy. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Secara perhitungan kalender hijriyah (lunar), Nahdlatul Ulama (NU) baru saja memperingati hari kelahirannya yang ke-100 atau satu abad. Tepatnya pada 16 Rajab 1344-16 Rajab 1444 H, di hari Selasa 7 Februari 2023.

Direktur Eksekutif Said Aqil Siroj (SAS) Institute, Sa'dullah Affandy menilai, usia satu abad tentu bukanlah usia yang muda, meski untuk organisasi sebesar NU sekali pun.

"NU telah melewati berbagai fase sejarah dengan penuh gejolak dan dinamika. Mulai dari era kolonialisasi Belanda, Jepang, Sekutu, era kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru, hingga Reformasi dengan beragam presiden," kata Sa'dullah Affandy dalam keterangannya, Rabu (8/2/2023).

Dijelaskan Sa'dullah, usia satu abad juga mau tidak mau merefleksikan apa yang telah berhasil diraih NU dan tantangan apa yang ada di abad ke dua mendatang. Setidaknya, ada lima aspek keberhasilan yang bisa kita lihat secara kasat mata di abad pertama NU.

Pertama kata dia, sebagai organisasi dengan jamaah para pelestari tradisi, NU telah berhasil mempertahankan diri sebagai organisasi dengan pengikut terbesar di Indonesia, bahkan dunia.

"Kedua, sebagai organisasi dengan massa terbesar, NU berhasil memainkan peran dalam dinamika politik Tanah Air, mulai dari pra kemerdekaan, kemerdekaan, hingga pascakemerdekaan. Bahkan dalam mengatasi pemberontakan Partai Komunis Indonesia, NU menjadi organisasi sipil yang paling aktif terlibat dalam menumpas pemberontakan," jelasnya.



Lebih lanjut dikatakan Sa'dullah, kita tidak dapat meramal masa depan, namun berpijak pada masa lalu dan realitas saat ini, banyak hal yang harus dilakukan oleh NU dalam menyongsong abad kedua.

Menurutnya, meski secara kuantitas menjadi mayoritas, namun faktanya NU masih memiliki banyak kelemahan baik di bidang ekonomi maupun Sumber Daya Manusia terutama terkait domain riset dan teknologi. Era di mana teknologi digital menjadi primadona, adalah sebuah keniscayaan bagi NU untuk melakukan pemberdayaan umatnya di ranah ini.

Selain itu lanjut Sa'dullah, meski selalu berperan penting dalam setiap peristiwa politik di Tanah Air, namun secara politik NU kerap ditinggal ketika berbicara sharing kekuasaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)