PKS Tak Akan Ngotot soal Cawapres Anies Baswedan

Rabu, 08 Februari 2023 - 11:35 WIB
loading...
PKS Tak Akan Ngotot soal Cawapres Anies Baswedan
Anies Baswedan memberikan keterangan kepada media usai pertemuan tim kecil Koalisi Perubahan di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023). FOTO/MPI/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) bersama Partai Demokrat dan Partai Nasdem sedang membahas sosok yang akan menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) 2024. Sosok ini akan mendampingi Anies Baswedan sebagai pasangan untuk diusung Koalisi Perubahan di Pilpres 2024.

Juru Bicara (Jubir) PKS Pipin Sopian menyatakan, pihaknya tidak akan memaksakan kadernya sebagai cawapres. PKS menyerahkan kepada Anies Baswedan dan partai pengusung lain.

"Kami tidak akan ngotot-ngototan. Kami selama ini berkomunikasi baik dengan Nasdem dan Demokrat membicarakan siapa kira-kira pasangan yang pas untuk Anies ke depan," kata Pipin dalam acara di televisi swasta, yang dikutip Rabu (8/2/2023).



Soal kriterianya, menurut Pipin, rakyat Indonesia saat ini membutuhkan pemimpin yang bisa merangkul semua pihak dan tidak memperuncing pembelahan yang ada di masyarakat saat ini. "Bagaimana kepemimpinan kita menyatu semua, tidak ada lagi segregasi di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Selain itu, kata Pipin, sosok yang dipilih kelak juga harus memenuhi kriteria capres-cawapres yang diputuskan dari musyawarah Majelis Syura PKS. "Dapat mendukung kemenangan, berjiwa nasionalis religius, dan memiliki simbol perubahan," katanya.

PKS dalam beberapa hari terakhir aktif mendatangi partai politik lain. Setelah Nasdem, PKS kemarin mendatangi Kantor DPP Partai Golkar. Dalam kunjungan itu, PKS terang-terangan mengajak Golkar bergabung dalam Koalisi Perubahan mendukung Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

Baca juga: Golkar Bergeming Diajak PKS Berganti Koalisi

"Namanya tawar-menawar kan biasa dalam kehidupan. 'Eh mau nggak?'. (Jadi) soal tawar-menawar siapa tahu ada cinta di antara kita, kita enggak tahu, biar waktu yang berjalan, siapa tahu dengan berjalannya waktu ini ada situasi yang lebih baik," kata Sekjen) DPP PKS Aboe Bakar Alhabsy dalam jumpa pers di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (7/2/2023).

Untuk diketahui, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS telah mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan menjadi capres 2024. Ketiganya sedang berupaya membentuk Koalisi Perubahan agar bisa mengusung Anies di Pilpres 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)