Pernah Jadi Danjen Kopassus, Lulusan Akmil 89 Ini Resmi Jabat Dankodiklat TNI

Kamis, 02 Februari 2023 - 14:17 WIB
loading...
Pernah Jadi Danjen Kopassus, Lulusan Akmil 89 Ini Resmi Jabat Dankodiklat TNI
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, memimpin Sertijab tujuh jabatan strategis, di antarnya Letjen TNI Eko Margiyono yang menjabat Dankodiklat TNI. Foto/Mabes AD
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, turut memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) tujuh jabatan strategis. Dari tujuh pejabat TNI tersebut ada Letjen TNI Eko Margiyono yang menjabat Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia (Dankodiklat TNI).

Acara sertijab yang dilangsungkan di di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (1/2/2023) ini berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023 tanggal 16 Januari 2023. Di sana, terdapat 223 Pati berbagai matra ikut dimutasi.

Letjen Eko merupakan Kopassus lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989. Sebelum menjabat Dankodiklat TNI Eko menjabat Kepala Staf Umum (Kasum) TNI dari tahun 2021 sampai 2023.

Perwira TNI kelahiran lahir 12 Mei 1967 ini juga pernah menjadi Pangkostrad di tahun 2020 sampai 2021. Sebelumnya juga dia adalah Pangdam Jaya dari tahun 2019 sampai 2020.

Baca juga: Sertijab 7 Jabatan Strategis, Panglima TNI: Laksanakan Tugas dengan Selalu Koordinasi

Berikut sejumlah jabatan yang pernah dijabat Letjen Eko Margiyono, yakni Paintelops Den,
Pasi Log Grup 4 Kopassus, Kasi Log Grup 4 Kopassus, Kasipers Grup 3 Kopassus, Pabandya Binpers, Waaslog, Waasintel, Aster Kasdivif 1/Kostrad, Dan Grup A Paspampres dari tahun 2010 sampai 2012.

Kemudian menjabat Asops Kasdam Jaya dari 2012-2014, Danrem 061/Surya Kencana, Danrem 033/Wira Pratama, Waasops KSAD di tahun 2015 hingga 2017, Kasdam Jaya, Gubernur Akmil, dan Danjen Kopassus dari tahun 2018-2019.

Sebelumnya, dalam sertijab tersebut, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, Ia berterima kasih atas tugas yang selama ini mereka jalankan dengan baik. Namun, Ia berpesan untuk terus bersinergi dan berkolaborasi di jabatan baru mereka kali ini.

"Kepada pejabat baru saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas, mari kita jalin kebersamaan untuk melaksanakan tugas yang lebih baik dan tentunya kita melaksanakan tugas dengan selalu bersinergi, berkoordinasi," ujar Yudo dalam keterangannya, Kamis (2/2/2023).

Selain itu, Panglima TNI berharap konsistensi jajarannya untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi itu, adalah bagian dari langkah TNI untuk cepat merespons dan menindaklanjuti segala tantangan yang dihadapi.

"Sehingga apa yang kita kerjakan ini dapat cepat ditindaklanjuti dalam pelaksanaannya," ungkapnya.

Adapun, ketujuh jabatan tersebut yakni Kepala Staf Umum (Kasum) TNI dari Letjen TNI Eko Margiyono, (sekaligus menerima tugas menjadi Dankodiklat TNI) kepada Letjen TNI Bambang Ismawan, Pangkogabwilhan I Laksda TNI Irvansyah, Asintel Panglima TNI dari Mayjen TNI Andjar Wiratama kepada Laksda TNI Angkasa Dipua.

Serta, Aslog Panglima TNI dari Mayjen TNI Haryono, kepada Brigjen TNI Nissa Yani, Danpuspom TNI dari Mayjen TNI Andrey Satwika Yogaswara, kepada Laksda TNI Edwin, Dansatsiber TNI dari Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani kepada Kolonel Laut (E) Tri Harsono, dan Kapusada TNI dari Brigjen TNI Deki Santoso P kepada Brigjen TNI Yustinus Agus Peristiwanto.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)