Nabil Haroen: IPNU dan IPPNU Fondasi Kaderisasi Kepemimpinan di NU

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:09 WIB
loading...
Nabil Haroen: IPNU dan IPPNU Fondasi Kaderisasi Kepemimpinan di NU
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa M Nabil Haroen menyebut Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PP IPNU-IPPNU) sebagai fondasi kaderisasi NU. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa M Nabil Haroen menyebut Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PP IPNU-IPPNU) sebagai fondasi kaderisasi NU. Kader IPNU dan IPPNU harus lebih banyak mengisi pos decision maker dan pemimpin di birokrasi Indonesia.

Menurut Nabil, kepengurusan IPNU-IPPNU di berbagai level merupakan fondasi bagi kaderisasi kepemimpinan NU di semua jenjang. "Ini menjadi penting, karena melihat NU masa depan adalah mereka yang jadi kader-kader NU pada masa kini," ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (31/1/2023).

Dia juga meminta agar teknokrasi dan skill kepemimpinan kader IPNU-IPPNU dibangun. Dia mendukung penuh gagasan Ketua Umum PBNU Kiai Yahya C Staquf tentang pentingnya jaringan teknokrat dan pemimpin dari NU.

"Sekarang teknokrat NU jumlahnya masih sangat sedikit. Alumni IPNU semisal Rekan Muhammad Azwar Anas yang sekarang jadi Menteri, serta beberapa kader lain yang jadi bupati dan berbagai jabatan publik, membuktikan bahwa IPNU-IPPNU merupakan ruang kaderisasi untuk menghasilkan pemimpin hebat," ujarnya.

Ke depan, Nabil ingin melihat kader IPNU-IPPNU lebih banyak mengisi pos decision maker dan pemimpin di birokrasi Indonesia, serta jadi profesor dan peneliti internasional yang berpengaruh. "Juga sosok pengusaha andal yang kalibernya Top 100 Indonesia. Ini sangat mungkin, asal prosesnya dikawal bersama," katanya.



Anggota Komisi IX DPR RI ini pun mendukung pengkaderan berjenjang mulai dari IPNU-IPPNU, yang diterapkan PBNU saat ini. Menurutnya, skema ini akan menghasilkan kader-kader militan dan pemimpin yang terkonsolidasi dan meluas ke berbagai kawasan di Indonesia. Artinya, distribusi kader NU akan lebih merata.

Nabil teringat ketika menjalani proses kaderisasi di Makesta PAC IPNU Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah, yang begitu membekas. "Ini pengkaderan pertama saya sebagai anggota NU, dan kemudian diteruskan mengaji di Pesantren Lirboyo. Sekarang, dengan amanah sebagai Ketua Umum PP Pagar Nusa, saya mendukung penuh kepengurusan IPNU-IPPNU dan selalu siap untuk berkolaborasi, mengawal adik-adik rekan dan rekanita IPNU-IPPNU berkhidmah bersama di Nahdlatul Ulama," pungkas Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) ini.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2562 seconds (0.1#10.140)