Cak Imin: NU Itu Watak Dasarnya adalah Kekuatan Politik

Senin, 30 Januari 2023 - 15:51 WIB
loading...
Cak Imin: NU Itu Watak Dasarnya adalah Kekuatan Politik
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan PKB beserta ulama ingin merekomendasikan perjuangan politik bagi kemaslahatan PKB dan NU secara keseluruhan. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Menjelang perayaan satu abad Nahdlatul Ulama (NU), Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) menyelenggarakan Sarasehan Nasional Satu Abad NU. Sarasehan dihelat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin (30/1/2023).

Dalam sarasehan bertema 'Satu Abad Kebangkitan Ulama Menuju Masa Depan Kebangkitan Bangsa', Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyebut faktor-faktor NU memiliki kontribusi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Menurut Cak Imin, NU memiliki karakter kepimpinan yang kuat dan kokoh.

"NU memiliki tradisi kepemimpinan yang kuat dengan daya dukung, loyalitas, militansi, cinta dan kekompakan bersama pemimpin, adalah kekuatan yang terbukti berjalan dengan baik," ujar Cak Imin dalam sambutannya, Senin (30/1/2023).



Cak Imin juga menyebutkan, watak dasar NU dalam berjuang adalah memikirkan tentang negara. Oleh karena itu, ia menegaskan PKB siap menjadi garda terdepan yang memperjuangkan aspirasi politik warga NU.

"NU itu watak dasarnya adalah kekuatan politik. Sehingga watak dasar perjuangannya sejak awal adalah berpikir tentang negara, berpikir tentang pemerintahan," ujarnya.

Cak Imin menuturkan, melalui forum pertemuan di Grand Sahid tersebut, PKB beserta ulama ingin merekomendasikan perjuangan politik bagi kemaslahatan PKB dan NU secara keseluruhan.

"Kita melalui forum sarasehan ini akan minta para pakar, para tokoh untuk memberikan refleksi sekaligus rekomendasi-rekomendasi khususnya rekomendasi politik buat perjuangan PKB dan NU di masa yang akan datang," terang Cak Imin.



Wakil Ketua DPR itu juga menegaskan, perjuangan politik NU belum merata di seluruh Indonesia, khususnya terutama di tingkat akar rumput (grassroot).

"Di tahun-tahun politik tentu satu saja, seluruh aspirasi warga NU yang grassroot-nya kuat, banyak yang masih belum beruntung secara ekonomi, pesantren-pesantren masih terbatas fasilitasnya, itulah perjuangan kita," jelas Cak Imin.

NU akan merayakan 1 Abad usianya pada 16 Rajab 1444 H, yang bertepatan dengan 7 Februari 2023. Puncak resepsi 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Sebanyak satu juga warga NU diperkirakan akan menghadiri puncak satu abad NU.

"Insya Allah nanti pada puncak peringatan itu akan kita selenggarakan resepsi besar di Gedung Olahraga Delta di Sidoarjo dan insya Allah akan dihadiri tidak kurang dari 1 juta jamaah Nahdlatul ulama," kata Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Selasa (3/1/2023), dikutip dari NU Online.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3672 seconds (0.1#10.140)