7 Perwira Tinggi Putra Banyumas Berkarier Moncer, Nomor Terakhir Pahlawan Nasional

Senin, 30 Januari 2023 - 15:19 WIB
loading...
7 Perwira Tinggi Putra Banyumas Berkarier Moncer, Nomor Terakhir Pahlawan Nasional
Terdapat sejumlah perwira tinggi TNI yang berkarier moncer kelahiran Banyumas, Jawa Tengah. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah perwira tinggi TNI yang berkarier moncer kelahiran Banyumas , Jawa Tengah. Salah satunya menjadi pahlawan nasional .

Sejak terbentuknya Tentara Nasional Indonesia (TNI), telah banyak prajurit-prajurit TNI terbaik yang berasal dari berbagai penjuru daerah. Tak terkecuali dengan prajurit yang berasal dari Banyumas.

Baca juga : Mutasi TNI, Ini Daftar Perwira Tinggi Bintang 3 yang Bersiap Tinggalkan TNI

Berikut tujuh perwira tinggi TNI berkarier moncer kelahiran Banyumas, Jawa Tengah.

1. Tri Martono

Mayor Jenderal TNI Tri Martono adalah seorang perwira TNI Angkatan darat yang saat ini mengemban amanat sebagai Staf Khusus KSAD.

Tri Martono merupakan lulusan Akmil pada tahun 1988 dengan kecabangan infanteri. Sebelum menjabat sebagai Stafsus KSAD, jabatan terakhir dari jenderal bintang dua ini adalah Pa Sahli Tk. III Bid. Komsos Panglima TNI.

2. R Soebijakto

Laksamana TNI (Purn) R Soebijakto merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) ke-3. Dalam riwayatnya, pria kelahiran Banyumas 14 Juli 1917 ini menjadi salah satu KSAL yang memiliki masa jabatan terlama.

Adapun untuk masa baktinya Soebijakto menjadi KSAL pada periode 1948 hingga 1959 atau sekitar kurang lebih 11 tahun lamanya. Dia lulusan dari pendidikan militer Koninklijke Marine (K.M) tahun 1943.

3. Irianto Cito Lelono

Mayor Jenderal TNI Mar. (Purn) Guntur Irianto Cipto Lelono merupakan putra kelahiran banyumas pada tanggal 30 Desember 1961 dan lulusan Akademi Angkatan laut tahun 1985.

Dalam riwayat kariernya, ia pernah menduduki jabatan penting seperti Komandan Resimen AAL (2011), Wadan Paspampres (2013-2014), Gubernur AAL (2014-2016) serta Koorsahli Kasal (2016-2018).

Baca juga : Mutasi TNI, 13 Perwira Tinggi Resmi Naik Pangkat Bintang Dua

4. Kustanto Widiatmoko

Mayor Jenderal TNI (Purn) Kustanto Widiatmoko adalah purnawirawan pati TNI Angkatan Darat yang lahir pada tanggal 16 Maret 1964 di Banyumas, Jawa Tengah.

Kustanto merupakan lulusan Akmil pada tahun 1987 dari kecabangan Kavaleri. Jabatan terakhir dari Jenderal bintang dua ini adalah sebagai Staf Khusus KSAD.

5. Sudarsono Kasdi

Mayor Jenderal TNI Mar (Purn) Sudarsono Kasdi adalah purnawirawan pati TNI Angkatan Laut dan juga mantan Gubernur Akademi Angkatan Laut yang ke-20.

Pria Kelahiran Banyumas 15 April 1945 ini mengawali kariernya melalui Akademi Angkatan Laut pada tahun 1964 dan lulus dengan pangkat Letnan Muda KKO.

6. Teguh Arief Indratmoko

Letnan Jenderal TNI Teguh Arief Indratmoko adalah seorang perwira tinggi TNI-AD sejak tanggal 29 Juli 2022 yang saat ini menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988 ini berasal dari kecabangan Infanteri Kopassus. Selama mengabdi di Korps Baret Merah, Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko pernah diterjunkan dalam Operasi Seroja, Timor-Timur (Timtim) yang sekarang bernama Timor Leste.

7. Gatot Subroto

Jenderal TNI (Anm) Gatot Subroto merupakan putra dari Sayid Yudoyuwono yang lahir di Banyumas, Jawa Tengah pada tanggal 10 Oktober 1907. Ia adalah salah satu tokoh perjuangan militer Indonesia dalam merebut kemerdekaan dan menjadi pahlawan nasional Indonesia.

Gatot Subroto pernah menimba ilmu di HIS dan sempat bekerja sebagai pegawai negeri, namun keluar karena tidak merasa cocok. Setelahnya, ia juga pernah masuk sekolah militer KNIL di Magelang.

Dalam kariernya, pria kelahiran Banyumas ini bergabung bersama Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Kariernya di TKR terbilang cukup mentereng. Ia pernah menjadi Panglima Divisi II, Panglima Korps Polisi Militer, hingga Gubernur Militer Surakarta dan sekitarnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6321 seconds (0.1#10.140)