Kolonel Baroyo Diangkat Jadi Danpuskopaska, Pasukan Elite TNI AL yang Mematikan

Sabtu, 21 Januari 2023 - 18:54 WIB
loading...
Kolonel Baroyo Diangkat Jadi Danpuskopaska, Pasukan Elite TNI AL yang Mematikan
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengangkat Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki menjadi Komandan Pusat Komando Pasukan Katak (Danpuskopaska) yang merupakan pasukan elite TNI AL. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rotasi dan mutasi di tubuh TNI kembali bergulir. Dalam kebijakan teranyar, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memutasi 223 Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) dari tiga matra.

Hal itu tercantum dalam Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/48/I/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Kebijakan mutasi yang ditetapkan Panglima TNI pada Senin, 16 Januari 2023 ini mencatat ada 223 perwira TNI baik matra Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) yang mendapat promosi dan jabatan baru.



Salah satunya, Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki yang diangkat menjadi Komandan Pusat Komando Pasukan Katak (Danpuskopaska) yang merupakan pasukan elite TNI AL. “Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, jabatan lama Wadanpuskopaska, jabatan baru Danpuskopaska,” dikutip SINDOnews, Sabtu (21/1/2023).

Kolonel Baroyo Eko Basuki selanjutnya menggantikan seniornya Laksamana Pertama (Laksma) TNI Yudhi Bramantyo yang dimutasi menjadi Kepala Dinas Pengamanan dan Persandian Angkatan Laut (Kadispamsanal).



Dengan jabatan barunya tersebut, maka pangkat Kolonel Baroyo naik satu tingkat menjadi Laksma TNI. Bagi Kolonel Baroyo, pengangkatannya sebagai orang nomor satu di pasukan khusus dengan ciri khas baret merah marun ini bukan hal yang baru. Sebab, abituren Akademi Angkatan Laut (AAL) 1995 ini sebelumnya menjabat Wadanpuskopaska dan mengawali karier militernya dari satuan Korps Pelaut Kopaska.

Selama meniti kariernya di militer, Kolonel Baroyo pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di antaranya, dipercaya sebagai Komandan KRI Teluk Cendrawasih-533, kemudian Wadansatkopaska Koarmatim, Dansatkopaska Koarmabar.

Selain itu, dia juga pernah menjadi Danlanal Banten, Wadanlantamal VI/Makassar, selanjutnya Wadanpuskopaska hingga puncaknya diangkat sebagai Danpuskopaska. Dengan pengangkatan ini, Kolonel Baroyo menjadi Danpuskopaska ke-2.

Seperti diketahui, Kopaska merupakan pasukan khusus TNI AL yang cukup disegani. Dibentuk pada 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno ini memiliki motto “Tan Hana Wighna Tan Sirna” yang bermakna “Tak Ada Rintangan yang Tak Dapat Diatasi”.

Sebagai pasukan khusus dan sangat mematikan, Prajurit Kopaska memiliki sejumlah keahlian tempu. Antara lain menguasai teknik demolisi atau peledakan bawah air, infiltrasi dari peluncur roket/torpedo kapal selam, serta kemampuan maritime counter terorism.

Medan operasi yang pernah dijalani prajurit Kopaska sejak dibentuk hingga saat ini yakni, operasi di Papua Barat (Papua), Operasi Trikora, Operasi Dwikora dan sebagainya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)