Presiden Jokowi Kunjungi Kawasan Wisata Bunaken di Manado

Jum'at, 20 Januari 2023 - 14:22 WIB
loading...
Presiden Jokowi Kunjungi Kawasan Wisata Bunaken di Manado
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kawasan wisata Bunaken Kota Manado, Sulawesi Utara. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kawasan wisata Bunaken Kota Manado, Sulawesi Utara. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi sejumlah menteri kabinetnya.

Tiba di Dermaga Pulau Bunaken, Jokowi disambut ratusan pelajar tingkat SD hingga SMA yang menyanyikan lagu "Kota Manado yang Kucintai" yang bercerita tentang kecintaan warga Manado terhadap kota mereka.

Jokowi pun tampak bercengkerama dan juga sempat berfoto bersama dengan para pelajar tersebut. Setelahnya, Jokowi meninjau kawasan wisata Bunaken dan homestay. Dalam peninjauannya tersebut, terdapat dua homestay yang dilihat secara langsung oleh Jokowi yakni Tuna Fish dan Cape of Sand.



Jokowi juga sempat berbincang dengan pemilik dari kedua homestay tersebut.

“Berapa harga sewa satu malam?” tanya Presiden, Jumat (20/1/2023).

“Dua ratus ribu, Pak,” jawab Moty Mathias, pemilik homestay.

Para pemilik homestay bersyukur atas bantuan pemerintah yang telah membangun dan memperbaiki rumah tinggal mereka menjadi tempat penginapan.



“Bersyukur, terima kasih, karena diberikan homestay sehingga katu’ orang masyarakat bisa dapat bantuan rumah sehingga perekonomian bisa dikatakan sudah bisa naik sedikit,” ucap Vonny Caroles, pemilik homestay Cape of Sand.

Selain itu, Vonny juga berharap agar ke depannya homestay miliknya sudah bisa beroperasi untuk menerima wisatawan menginap karena pariwisata di sekitar Bunaken juga sudah mulai terbuka.

“Mudah-mudahan ke depan kita sudah bisa terima tamu, karena katu’ sekarang belum terima, karena katu’ masih masa pandemi, mudah-mudahan ke depannya kita sudah bisa kan pariwisata sudah mulai terbuka dan kita sudah bisa menerima tamu,” kat Vonny.

Senada, Moty Mathias dan Caroles Konstans, pemilik homestay Fish Tuna juga bersyukur karena rumahnya yang sudah tua dapat diperbaiki oleh pemerintah dan menjadi sumber penghasilan bagi keluarganya. “Kan rumahnya sudah bocor, sudah agak tua sekali, jadi senang terima dari Bapak Jokowi,” kata Caroles.

Setelah berkeliling melihat Kawasan Wisata Bunaken, Jokowi bersama rombongan sempat menikmati sajian air kelapa muda di warung Mikha di kawasan tersebut. Jokowi pun kembali ke Kota Manado dengan menggunakan Kapal Motor Ultimate Victory.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Wali Kota Manado Andrei Angouw.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)