Profil Bambang Ismawan, Jenderal Bintang 3 yang Jadi Kasum Baru TNI

Kamis, 19 Januari 2023 - 16:42 WIB
loading...
Profil Bambang Ismawan, Jenderal Bintang 3 yang Jadi Kasum Baru TNI
Letnan Jenderal (Letjen) Bambang Ismawan merupakan salah satu perwira tinggi TNI AD. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Letnan Jenderal (Letjen) Bambang Ismawan merupakan salah satu perwira tinggi TNI AD yang masuk salah satu daftar nama mutasi jabatan Panglima TNI Yudo Margono. Dia mengemban jabatan baru sebagai Kasum menggantikan Letnan Jenderal (Letjen) TNI Eko Margiyono.

Rotasi besar-besaran ini tertuang di dalam keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023. Salah satu posisi yang dirotasi adalah jabatan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI .

Letnan Jenderal TNI Bambang Ismawan merupakan perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang kini mengemban jabatan baru sebagai Kasum TNI.

Bambang lahir di Klaten Jawa Tengah pada tanggal 1 Agustus tahun 1966. Sebelum menjabat sebagai seorang Kasum, ia telah mengalami proses yang panjang dalam bidang militer.

Baca juga : Mutasi TNI, Letjen Bambang Ismawan Tukar Posisi dengan Eko Margiyono Jadi Kasum TNI

Jenderal bintang 3 ini merupakan lulusan Akademi militer pada tahun 1988 dan dilanjutkan pendidikan militer lainnya seperti Akmil (1988), Sesarcabif, Komando, Dik PARA, Dik PARA Utama, Diklapa I, Diklapa II, Seskoad, Sesko TNI hingga Lemhannas.

Setelah melakukan pendidikan yang cukup lama, Bambang ditempatkan dalam jabatan strategis di tubuh TNI.

Karier jabatan tinggi militernya dimulai dari jabatan Komandan Korem 012/Teuku Umar dengan pangkat kolonel pada tahun 2016-2017. Kemudian saat pangkatnya menjadi Brigadir Jenderal, ia mulai menjabat di posisi yang sangat penting dan sentral seperti Kepala Staf Kodam Brawijaya (2018-2020).

Tidak jauh setelahnya, pada tahun 2020 kariernya semakin moncer. Ia beralih pangkat menjadi Mayor Jenderal dan mendapatkan jabatan penting seperti Wakil Komandan Pusterad (2020-2021), Asisten Intelijen Kasad (2021) dan Panglima Kodam XVI/Pattimura (2021).

Baca juga : Kasum TNI yang Miliki Brevet Kopassus, Nomor 2 dan 5 Berkarier Cemerlang Jadi Panglima TNI

Sejak jabatannya menjadi Letnan Jenderal, Bambang juga kembali mendapatkan amanah jabatan baru sebagai Komandan Kodiklat TNI (2021-2023) dan terakhir menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI 2023.

Diketahui Jenderal Bintang 3 Bambang Ismawan kini telah memiliki tiga orang anak yang bernama Jezia Armynta, Aqila Victorinet Viyata Albertina dan Dista Alam Ramadhani Nastiti dari istrinya yang bernama Shintawati.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)